Temsah 4 dan Temsah 5, ranpur lapis baja besutan Negeri Piramida

Temsah 4EDR Magz

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebagai tuan rumah pameran EDEX (Egypt Defense Expo) 2021 yang diadakan di Kairo dari 29 November hingga 3 Desember, Mesir menghadirkan produk lokal andalan. Salah satunya adalah keluarga ranpur Temsah (Buaya).

Dalam pameran tersebut dihadirkan Temsah 4 MRAP (Mine Resistant Ambush Protected) dan ranpur ringan Temsah 5. Keduanya melengkapi keluarga Temsah  1-3 yang telah diperkenalkan di EDEX 2018 sebelumnya.

Keluarga ranpur Temsah ini merupakan hasil rancang bangun Kompleks Teknik Industri, Kementerian Pertahanan Mesir untuk memenuhi kebutuhan militer dalam negeri dan ekspor.

Temsah 4, merupakan kendaraan antiranjau dan IED dengan GVW 15.000 kg dan muatan 4.000 kg.

Ranpur ini memiliki panjang 6,2 m, lebar 2,5 m, dan tinggi 2,7 m. Kabinnya menampung delapan orang, termasuk pengemudi dan kemandan.

Temsah 4 didukung oleh mesin diesel berdaya 245 hp dan digabungkan dengan transmisi otomatis. Kecepatan maksimumnya mencapai 95 km/jam dan berjangkauan operasi 500 km.

Kendaraan ini memiliki sistem kamera siang/malam dan sistem kamera inframerah untuk misi pengintaian dan pengawasan. Pengemudi memiliki layar 9 inci yang kompatibel dengan NVG.

Tingkat perlindungan balistik Temsah 4 berada pada BR6 yang tahan terhadap peluru kaliber 7,62 mm. Sementara untuk menghadapi ranjau dan IED, Temsah 4 berada pada level 4.

Temsah 4 dapat dilengkapi dengan stasiun senjata yang dikendalikan dari jarak jauh (RCWS) di atas kabin bersenjatakan senapan mesin kaliber 12, 7 mm.

Temsah-5

Selanjutnya Temsah 5, merupakan kendaraan lapis baja ringan dengan GVW 3.300 kg dan muatan 700 kg. Ranpur ini dikembangkan berdasarkan sasis Toyota seri FJ.

Berdimensi panjang 5,1 m, dengan jarak sumbu roda 2,97 m, lebar 1,97 m, dan tinggi 2 m, Temsah 5 dapat menampung lima orang termasuk pengemudi dan komandan.

Temsah 5 dibekali mesin diesel berdaya 251 hp yang mampu melarikan kendaraan dengan kecepatan maksimum 180 km/jam dan berjangkauan operasi 400 km.

Tingkat perlindungan balistiknya berada pada level BR6 yang tahan terhadap peluru kaliber 7, 62 mm. Temsah 5 tidak dilengkapi dengan perlindungan antiranjau.

Untuk perlindungan diri dan bertempur, di atas atapnya dapat dipasangi kubah berawak ataupun tak berawak bersenjatakan senapan mesin kaliber 12,7 mm.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *