NATO mendapat tambahan pesawat A330 MRTT ke-6 dan ke-7

A330 MRTT MMU MMFMMU

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – NATO Support and Procurement Agency (NSPA) telah menyerahkan dua lagi pesawat A330 Multi Role Tanker Transport (MRTT) kepada unit Armada MRTT Multinasional (MMF).

Penyerahan pesawat unit keenam dan ketujuh dari sembilan pesawat yang dipesan ini dilaksanakan di Main Operating Base unit MMF di Eindhoven, Belanda, pada tanggal 27 dan 29 Juli.

Selama upacara tersebut, Airbus Defence and Space mengalihkan kepemilikan pesawat ke Organization for Joint Armament Co-operation (OCCAR), atas nama NSPA.

Manajer umum NSPA Stacy Cummings mengatakan, kemitraan dengan Airbus merupakan contoh yang bagus tentang bagaimana dialog strategis dan kerja sama dengan industri dilaksanakan.

Hal ini sangat penting untuk perencanaan, pengembangan, dan pengiriman kemampuan pertahanan NATO.

Menurut NSAP, pengiriman terbaru menandai tonggak utama di bawah manajemen OCCAR, karena perjanjian kerjasama OCCAR-NSPA akan selesai pada 31 Desember tahun ini.

MRTT ketujuh adalah pesawat terakhir yang dikirim di bawah tahap akuisisi pertama, sementara pesawat pertama dikirim pada Juni 2020.

Pengiriman pesawat MRTT kedelapan dan kesembilan diharapkan akan dilakukan pada akhir 2024.

Diprakarsai oleh Badan Pertahanan Eropa pada tahun 2012, unit MMF terdiri dari enam negara sekutu, termasuk Belgia, Jerman dan Luksemburg.

Negara-negara ini memiliki hak eksklusif untuk mengoperasikan pesawat milik NATO dalam pengaturan berbagi.

Dengan armada tujuh pesawat, unit MMF akan segera mencapai kemampuan operasional awal (IOC) dan menyediakan transportasi strategis, pengisian bahan bakar udara-ke-udara, dan kemampuan evakuasi aeromedis ke negara-negara terkait.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *