China kembangkan jet tempur J-10 varian baru

J-10DTwitter

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Beredar uji terbang jet tempur baru Chengdu J-10 dengan konfigurasi “tulang punggung” yang terlihat menonjol lurus seperti tampilan F-16I Sufa Israel.

Tulang punggung ini ditengarai untuk menampung berbagai sistem, termasuk perangkat penanggulangan dan peperangan elektronik serta sensor pasif.

Pesawat diyakini untuk melakukan misi peperangan elektronik (Electronic Warfare/EW) dan digunakan menekan pertahanan udara musuh (Suppression of Enemy Air Defenses/SEAD).

Diperkirakan varian baru ini adalah J-10CY atau sebagai J-10D yang kabarnya adalah permintaan dari Angkatan Udara Pakistan.

Seperti diketahui, Pakistan adalah pengguna pertama J-10 di luar China dengan kode J-10CE (versi ekspor dari seri J-10C) sebanyak 36 unit, di mana 12 unit sudah beroperasi di AU Pakistan.

J-10C merupakan versi upgrade dari J-10B. Pesawat dilengkapi dengan radar Active Electronically Scaned Array (AESA), imaging infrared seeker (IIR) PL-10, mesin WS-10B, dan rudal udara ke udara (AAM) PL-15.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *