Taiwan segera luncurkan kapal selam buatan dalam negeri

Kapal selam diesel-elektrik TaiwanKapal selam diesel-elektrik Taiwan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Taiwan pada bukan September mendatang akan meluncurkan kapal selam buatan dalam negeri pertama negaranya.

Kantor berita CAN melaporkan, kapal selam tersebut merupakan kapal selam diesel-listrik dan dijadwalkan akan beroperasi pada 2025.

Taipe berencana membuat delapan unit kapal selam ini untuk menggantikan empat kapal selam tua yang diterima Taiwan beberapa dekade lalu.

Dari sisi tampilan eksternal, kapal selam Taiwan ini menyerupai SSK kelas Soryu dan Oyashio Jepang dengan memiliki kemudi bentuk-X. Kapal-kapal ini akan dirakit menggunakan teknik konstruksi Jepang di Taiwan.

Dilaporkan, versi sistem manajemen tempur kapal selam AN/BYG-1, yang digunakan dalam kapal selam nuklir Angkatan Laut AS, sedang ditawarkan ke Taiwan.

Juga, beberapa pengaruh dalam desain diperkirakan berasal dari kapal selam Belanda yang saat ini dioperasikan oleh Taiwan.

Kapal-kapal tersebut diperkirakan berada di kelas 2.500 ton dan panjang 70 m.

Persenjataan kapal selam pertama buatan Taiwan, akan menggunakan torpedo kelas berat MK 48 Mod 6 Advanced dan rudal Harpoon Block II yang diluncurkan dari UGM-84L.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published.