Satu negara mengincar Su-57E, mungkin akan mengakuisisinya

Su-57Vladimir Astapkovich/Sputnik

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Berita terkait Su-57 selalu ditunggu, khususnya oleh para penggemar sistem persenjataan udara buatan Rusia. Namun bagi mereka penggemar alutsista Barat atau Amerika Serikat, Su-57 kerap dinilai sebagai jet tempur generasi kelima yang belum matang. Belum lagi, pengembangan mesin untuk pesawat ini masih terhambat.

Apapun itu, masing-masing pesawat memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Dari sejak mengudara perdana tahun 2010, selama 11 tahun Su-57 belum juga mendapatkan pelanggan dari negara asing.

Sejumlah negara disebut-sebut tertarik, namun hingga saat ini belum satu pun negara lain memesan si Felon (kode NATO untuk Su-57).

Demi mengejar pelanggan dari luar negara, Rusia pun telah memperkenalkan versi ekspor Su-57 dengan kode Su-57E.

Varian tersebut diperkenalkan pertama kali pada pameran kedirgantaraan MAKS 2019 di Lapangan Udara Zhukovsky, dekat Moskow.

Namun, Turki yang kala itu disebut-sebut tertarik dengan Su-57, hingga saat ini belum juga menandatangani pembelian jet tempur berkursi tunggal paling mutakhir dari Negeri Beruang.

Tak patah arang, kesempatan untuk memperkenalkan Su-57E kini kembali datang pada pameran dirgantara Aero India 2021 di Yelahanka AFB, Bengaluru, India pada 3-5 Februari 2021.

Model ukuran penuh Su-57 diboyong Rostec ke India dalam pameran di masa pandemi COVID-19 ini.

Ada negara mengincar Su-57E

Direktur Kerja Sama Internasional dan Kebijakan Regional Rostec, Viktor Kladov, mengatakan, ada satu negara yang secara intensif mengincar Su-57. Negara tersebut kemungkinan akan mengakuisisi pesawat ini.

Bicara tentang Su-57E, kata Kladov, pesawat ini membangkitkan minat yang tinggi di banyak negara karena memiliki sifat tempur dan karakteristik penerbangan yang unik.

“Kami melihat bahwa ada kebutuhan akan pesawat generasi berikutnya dan ada ceruk pasar dan pra- persyaratan untuk pengiriman pesawat ini,” ujarnya seperti Airspace Review kutip dari TASS.

Baca Juga: Minat Su-57? Rusia Tawarkan Produksi Komponen Jet Siluman Ini di Negara Pembeli

Lalu, apakah sudah ada kepastian negara mana yang berminat meminang Su-57E?

Kladov tidak memberikan klarifikasi. Dan, mari kita tunggu kabar dari Aero India 2021 apakah Felon mendapatkan pinangan?

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *