AS setujui penjualan torpedo ringan MK 54 kepada Korea

MK 54 Light TorpedoUS Navy
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah membuat keputusan menyetujui kemungkinan penjualan militer asing (FMS) torpedo ringan MK 54 kepada Republik Korea. Demikian diumumkan Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan AS (DSCA) pada 15 Juli lalu.

Seperti diinformasikan, Korea sebelumnya mengajukan permohonan kepada AS untuk membeli torpedo ringan all up MK 54.

Permintaan tersebut mencakup torpedo latihan dan peralatan yang dapat dipulihkan, fasilitas penyimpanan dan pengeluaran, wadah torpedo, serta aksesori peluncuran udara untuk sayap putar bersama dengan suku cadang torpedo yang diklasifikasikan dan tidak diklasifikasikan.

Peralatan tersebut akan dipasang pada helikopter maritim MH-60R Seahawk milik Korea Selatan.

Perkiraan nilai penjualan berkisar 130 juta dolar AS.

Seperti ditekankan dalam pernyataan itu, penjualan yang diusulkan akan meningkatkan kemampuan negara untuk menghadapi ancaman saat ini dan masa depan.

“Penjualan yang diusulkan ini akan mendukung tujuan kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat dengan meningkatkan keamanan sekutu utama yang merupakan kekuatan untuk stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di kawasan Indo-Pasifik,” tulis DSCA.

Torpedo ringan MK 54 buatan Raytheon utamanya ditujukan sebagai torpedo antikapal selam untuk skenario litoral.

Meski demikian, torpedo ini kemampuan dasarnya mencakup operasi di kondisi lingkungan akustik perairan dangkal dan dalam.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *