Nobusuke Kishi, Perdana Menteri Jepang 1957-1960, kakek Shinzō Abe yang pernah ditikam namun selamat

Nobusuke KishiVia Wikipedia
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Nobusuke Kishi lahir pada 13 November 1896 (meninggal 7 Agustus 1987) adalah seorang birokrat dan politikus Jepang yang pernah menjadi Perdana Menteri dari tahun 1957 hingga 1960.

Ia adalah kakek dari Shinzo Abe, yang pernah dua kali menjadi Perdana Menteri Jepang dari tahun 2006 hingga 2007 dan 2012 hingga 2020.

Boeing_contoh2

Seperti halnya cucunya, Shinzo Abe yang diserang hingga tewas menggunakan senjata pada Jumat (8/7/2022), Nobusuke Kishi pun juga pernah mengalami percobaan pembunuhan.

Kejadiannya pada tanggal 14 Juli 1960, Kishi diserang oleh seorang yang menggunakan pisau saat ia meninggalkan kediaman perdana menteri untuk mengadakan pesta kebun merayakan kenaikan Hayato Ikeda yang akan memegang jabatan perdana menteri baru.

Penyerangnya adalah Taisuke Aramaki, seorang pria pengangguran berusia 65 tahun yang berafiliasi dengan berbagai kelompok sayap kanan.

Aramaki menikam Kishi enam kali di paha, menyebabkan Kishi mengeluarkan banyak darah. Namun Kishi selamat karena bilahnya meleset dari arteri utama.

Kishi langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat, di mana ia menerima total 30 jahitan untuk menutup lukanya tersebut.

Aramaki ditangkap di tempat kejadian, kemudian diadili dan dinyatakan bersalah. Selanjutnya dijatuhi hukuman tiga tahun penjara pada Mei 1962.

Aramaki tidak pernah secara jelas menyatakan motivasi serangannya. Meskipun serangan itu bersifat kekerasan, Aramaki menyangkal bahwa dia bermaksud membunuh Kishi.

Aramaki mengatakan kepada seorang reporter dalam sebuah wawancara, “Ya, saya menikamnya enam kali, tetapi jika saya ingin dia mati, saya akan membunuhnya saja.”

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *