banner roe

PTDI jalin kerja sama dengan CALIDUS dari UEA

PTDI - CALIDUSPTDI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – PT Dirgantara Indonesia (PTDI) telah memperluas cakupan bisnisnya di negara Uni Emirat Arab (UEA) dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan CALIDUS LLC yang berbasis di Abu Dhabi.

Kedua perusahaan menyepakati kerja sama dalam hal Joint Marketing untuk pesawat angkut serbaguna CN235 dan pesawat penumpang ringan N219.

Juga Joint Development untuk versi upgrade pesawat N219 dan drone MALE Elang Hitam, berikut kerja sama Engineering, Design & Flight Testing Work Package terhadap setiap pengembangan produk yang dilakukan bersama.

Kesepakatan ini dikukuhkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan dan CEO CALIDUS Faris Al Mazrouei pada 30 Juni 2022.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kementerian Pertahanan UAE, Abu Dhabi ini turut disaksikan secara langsung oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan UAE Mohammed Ahmed Al Bowardi.

“Dengan dijalinnya kerja sama baru antara PTDI dengan CALIDUS, kami berharap dapat mendorong peningkatan dan pengembangan bisnis kedua Perusahaan, termasuk akselerasi strategi pemasaran produk PTDI di kawasan Timur Tengah dan Asia Tenggara”, kata Gita Amperiawan seperti disiarkan PTDI.

Adapun kerja sama ini juga merupakan salah satu bentuk penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dengan UAE yang sudah berlangsung lama berdasarkan pada ikatan budaya yang erat dan komitmen bersama untuk memungkinkan pembangunan ekonomi yang lebih besar, serta kemakmuran rakyat kedua negara.

Secara khusus, Indonesia dan UAE pun telah sepakat untuk melakukan langkah-langkah peningkatan kerja sama ekonomi, perdagangan dan investasi, termasuk di bidang industri pertahanan melalui mekanisme bilateral yang telah terbentuk.

Kolaborasi bisnis antara PTDI dengan CALIDUS merupakan tindak lanjut dari kerja sama pertahanan antara Kementerian Pertahanan RI dan Kementerian Pertahanan UAE dalam ilmu pengetahuan dan teknologi industri pertahanan.

Untuk diketahui, CALIDUS yang menjadi mitra PTDI ini merupakan perusahaan desain teknik, pengembangan teknologi dan manufaktur yang bergerak secara langsung atau melalui afiliasinya di Aeronautical & Land Systems.

CALIDUS memberikan solusi terintegrasi penuh kepada kliennya, mulai dari fase desain dan rekayasa hingga pengembangan serta melaksanakan proyek manufaktur industri sesuai dengan praktik industri.

Diantara beberapa produk CALIDUS yang menjadi perhatian dunia adalah pesawat latih turboprop B-250 dan pesawat serang turboprop B-350 serta panser Wahash IFV 8×8 .

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.