banner roe

Siprus beli heli H145 dari Airbus untuk gantikan Mi-24

H145Airbus Helicopters

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Airbus Helicopters mengumumkan bahwa Siprus telah menandatangani kesepakatan untuk membeli enam helikopter serang ringan H145M dengan opsi untuk enam lagi.

Helikopter akan menggantikan 11 heli lawas Mi-24 (akan dijual ke Serbia) yang dioperasikan oleh Komando Udara Siprus, bagian dari wing udara bersenjata dari Garda Nasional.

Implementasi perjanjian ini akan memberi Garda Nasional Siprus helikopter bersenjata hemat biaya operasional dan berkinerja tinggi.

H145 mampu beroperasi di lingkungan yang keras dalam kondisi yang paling buruk pada siang/malam hari, memberikan respon cepat dan daya tembak presisi, serta memberikan dukungan tempur yang efektif.

H145M dikembangkan berbasis H145 versi sipil. Memiliki fitur rotor utama lima bilah inovatif yang meningkatkan muatan sebesar 150 kg. Desain rotor utama tanpa bantalan juga menyederhanakan operasi perawatan.

H145M didukung oleh dua mesin turbin Safran Arriel 2E yang kuat berdaya masing-masing 550 kW (740 hp), dikendalikan oleh sistem FADEC (kontrol mesin digital otoritas penuh).

Untuk performanya, H145M dapat melesat dengan kecepatan maksimum 268 km/jam, ketinggian terbang hingga 5.240 m dan jangkauan operasi 680 km.

Helikopter dilengkapi dengan perangkat avionik digital Helionix dan sistem autopilot yang secara signifikan mengurangi beban kerja pilot serta emisi kebisingan yang sangat rendah.

H145M dilengkapi dengan sistem senjata Airbus HForce. Dengan pilihan senjata berupa tabung senapan mesin, roket dan rudal udara ke darat serbaguna.

Keluarga H145M saat ini telah beroperasi di Hungaria (20), Jerman (15), Serbia (9), Thailand (5) dan Luksemburg (2) dan Angkatan Darat AS memiliki versi UH-72 Lakota (460).

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.