Rusia bangun korvet ketiga Project 20385 Bystriy

Project 20385 CorvetteMoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perang Rusia dengan Ukraina masih berlanjut saat ini. Namun bagi Rusia hal ini tidak memengaruhi program pembangunan korvet Project 20385 Bistriy.

Peletakan lunas pertama kapal yang dirancang oleh Biro Desain Almaz ini akan dilaksanakan pada 1 Juli 2022 berbarengan dengan peringatan Galangan Kapal Amur di Timur Jauh Rusia.

“Pada hari ulang tahun Galangan Kapal Amur, 1 Juli, sebuah upacara akan dilakukan untuk meletakkan lunas korvet baru Bystriy Project 20385 yang dikembangkan oleh Biro Desain Almaz (bagian dari United Shipbuilding Corporation/USC),” tulis USC pada hari Kamis.

Ditambahkan, kapal baru ini akan menjadi unit tempur baru Armada Pasifik.

Ini adalah kapal perang ketiga Project 20385 dan kapal kesembilan dalam serangkaian kombatan permukaan yang sedang dibangun di Galangan Kapal Amur di bawah kontrak dengan Kementerian Pertahanan Rusia.

Kapal Project 20380/20385 adalah serangkaian korvet multiguna air hijau yang dikembangkan untuk Angkatan Laut Rusia.

Kapal ini dipersenjatai dengan sistem rudal antikapal Uran atau Kalibr-NK (tergantung pada modifikasi kapal), sistem rudal antipesawat Kortik-M atau Redut.

Selain itu masih ada dua senjata artileri AK-630M 30 mm, sistem artileri 100 mm A-190, dua dudukan senapan mesin 14,5 mm dan dua peluncur granat DP-64.

Kapal juga dilengkapi dengan dua tabung torpedo 330 mm Paket sebagai senjata perang antikapal selam dan antitorpedo.

Di bagian dek, kapal ini dapat membawa satu helikopter Ka-27 Helix.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published.