banner roe

TNI AU berhasil evakuasi pesawat PC-6 Susi Air yang Jatuh di Timika

Evakuasi korban jatuhnya pesawat SusiAir di Timika_TNI AU

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Penumpang pesawat ringan Pilatus PC-6 milik maskapai Susi Air yang jatuh di Timika pada Kamis (23/6/2022) telah berhasil dievakuasi oleh TNI AU.

Pesawat ditemukan 3 mil laut (Nm) sebelah utara dari landasan pacu Duma (radial 330 30 Nm dari Timika) pada pukul pagi 07.55 WIT.

Dikutip dari siaran pers Dispenau, proses evakuasi ini menggunakan helikopter angkut serbaguna EC725 Caracal milik Skadron Udara 8 Wing Udara 4, Lanud Atang Sendjaja Bogor.

Helikopter diterbangkan oleh Mayor Pnb Adam dan Lettu Pnb Taufiq membawa Tim Basarnas (3 orang) dan personel Kopasgat (2 orang).

Kegiatan evakuasi pesawat PC-6 ini juga melibatkan tim SAR Timika, Polsek KP3U Bandara Timika, Lanud Yohanes Kapiyau, dan pihak maskapai Susi Air.

Helikopter tinggal landas dari Bandara Mozez Kilangin, Timika, pukul 11.16 WIT menuju sasaran dan berhasil mengevakuasi seluruh penumpang (6 orang) dan pilot Captain Dayle Peter dengan selamat.

Diketahui, pesawat dengan registrasi PK-BVM tersebut sedang melakukan penerbangan dari Timika menuju Duma, Papua.

Setelah melakukan evakuasi, helikopter Caracal dengan registrasi HT-7202 kembali menuju Bandara Mozez Kilangin Timika dan mendarat dengan aman pada pukul 12.05 WIT.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.