Rusia siap kirimkan helikopter serang Mi-28NE Night Hunter ke Uganda.

Mi-28NERussian Helicopters

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia melalui Rosoboronexport, badan perantara negara Rusia untuk ekspor produk terkait pertahanan dan penggunaan ganda, kembali akan mengirimkan helikopter serang Mi-28NE Night Hunter ke Uganda.

Sumber diplomat militer kepada TASS mengatakan, tiga unit helikopter pertama telah dikirim ke negara di Afrika Timur itu dan sekarang kelompok berikutnya akan menyusul.

“Kontrak sedang diimplementasikan. Mi-28NE batch pertama sudah dikirim. Pengiriman semua helikopter di bawah kontrak akan jatuh tempo pada awal 2023,” ujarnya.

Meski demikian tidak ada konfirmasi disampaikan oleh Rosoboronexport.

Mi-28NE dirancang untuk menghancurkan target udara, tank, dan kendaraan lapis baja lainnya.

Si sayap putar yang diawaki dua orang ini mampu terbang dengan kecepatan maksimum 300 km/jam dan berat lepas landas maksimum 12.100 kg.

Mi-28NE dipersenjatai meriam kaliber 30 mm, tiga jenis rudal antitank dengan jangkauan 6-10 km, rudal udara ke udara, dua jenis roket, dan bom udara dengan berat hingga 500 kg.

Bilah rotornya dirancang dapat menahan serangan peluru 30 mm dan kaca kokpit kaca lapis baja.

Helikopter serang ini ditenagai dua mesin berkapasitas 2.400 hp.

Mi-28NE mampu secara efektif menyelesaikan tugas di Kawasan beriklim panas dengan teknologi screen-exhaust dan perlindungan debu yang baru.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published.