Ukraina mulai gunakan MRAP Mastiff 6X6 bantuan Inggris

Mastiff 6X6UMC

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Ukraina mengonfirmasikan bahwa Marinir Ukraina telah menerima pengiriman batch pertama kendaraan patroli lapis baja Mastiff 6X6 bantuan dari Inggris.

Mengutip The Sun, Inggris memberikan bantuan peralatan militer ke Ukraina berupa 120 kendaraan lapis baja, 80 di antaranya adalah kendaraan lapis baja Mastiff, Husky, dan Wolfhound.

Ketiganya dirancang untuk digunakan dalam pertempuran langsung dan dukungan tempur, yang dapat mendorong pasukan garis belakang naik ke garis depan.

Mastiff 6X6 PPV (Protected Patrol Vehicle) ini sendiri tak lain merupakan Cougar 6X6 MRAP (mine-resistant ambush-protected) versi Inggris, aslinya diproduksi oleh Force Protection, Inc. Amerika Serikat.

Force Protection, Inc menyediakan kendaraan dasar dan NP Aerospace dari Inggris mengintegrasikan elektronik dan paket lapis bajanya.

Inggris menggunakan Mastiff 6X6 di perang Afghanistan sejak tahun 2009. Didapuk sebagai kendaraan angkut pasukan dan patroli diawaki 10 orang termasuk pengemudi dan komandan.

Untuk bela diri dan bertempur, kendaraan dibekali stasiun senjata kendali jarak jauh (RCWS) bersenjatakan senapan mesin kaliber 7,62 mm, atau 12,7 mm.

Mengenai spesifikasi dan performanya, Mastiff 6X6 memiliki bobot tempur 22,7 ton dengan muatan 5,9 ton. Berdimensi panjang 7,08 m, lebar, 2,74 m dan tinggi 2,64 m.

Mastiff 6X6 digerakkan menggunakan mesin diesel Caterpillar C-7 berdaya 330 hp.

Kecepatan laju di jalan datar mencapai 105 km/jam dan jangkauan operasinya sejauh 966 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.