EMBT, tank masa depan Perancis & Jerman unjuk gigi di Eurosatory 2022

EMBTKNDS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kelompok teknologi pertahanan Perancis–Jerman KNDS (Krauss-Maffei Wegmann + Nexter Defense Systems) memamerkan tank eksperimental EMBT (Enhanced Main Battle Tank) di pameran pertahanan Eurosatory 2022 di Paris.

KNDS mengatakan EMBT ini diawaki empat kru, dengan posisi dua dalam kabin dan dua lagi dalam turret (kubah senjata). Mereka adalah pengemudi, komandan, juru senjata dan operator sistem.

Kehadiran operator sistem sebagai respons terhadap beban kerja kognitif komandan tank.

Ini memungkinkan untuk memanfaatkan potensi penuh dari sensor ekstensif dan rangkaian efektor sementara kemajuan sedang dibuat pada teknologi AI.

Fitur unggulan lain pada EMBT mencakup mesin lebih kuat dan modern dengan kontrol digital yang memungkinkan drive-by-wire. Ini merupakan prasyarat untuk operasi mengemudi otomatis jarak jauh dan tim berawak/tanpa awak.

Untuk persenjataan utama berupa kanon kaliber 120 mm yang digabungkan dengan amunisi generasi baru (Shard) dan MMI yang benar-benar baru.

Tersedia juga RCWS dengan kanon kaliber 30 mm yang terletak di turret bagian belakang untuk menggasak sasaran seperti drone.

Tak hanya itu, KNDS siap untuk mengintegrasikan pula kanon ASCALON kaliber 140 mm untuk tank tempur utama masa depan Perancis dan Jerman ini.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *