Cope West 2022 akan dilaksanakan oleh TNI AU dan USAF di Malang

C-130 TNI AU dan USAFUSAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – TNI Angkatan Udara dan Angkatan Udara AS (USAF) akan melaksanakan latihan bersama dengan sandi Cope West (CW) 2022 di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur pada 17-24 Juni 2022.

Dalam latihan ini, USAF akan mengerahkan dua pesawat C-130 milik 374th Airlift Wing (AW) dari Pangkalan Udara Yokota, Jepang.

Boeing_contoh2

Disiarkan oleh USAF, sekitar 70 personel USAF akan ikut serta dalam latihan ini.

USAF menyebut, latihan CW2022 memperkuat kemitraan USAF dengan TNI AU.

USAF juga mengatakan bahwa TNI AU merupakan salah satu mitra paling berharga di Asia Tenggara.

“Cope West memungkinkan kami untuk memperkuat kemitraan kami dengan salah satu mitra kami yang paling berharga di Asia Tenggara,” kata Lt. Gurun. Kira Coffey, Komandan, Skuadron Airlift ke-36.

“Tahun ini, kami fokus untuk mengembangkan dan memperluas kemampuan pengangkutan udara gabungan kami dengan Angkatan Udara Indonesia,” lanjutnya.

Materi latihan yang akan dilaksanakan, antara lain airdrop, rigging, formasi, operasi penerbangan segala cuaca dan malam, di antara kemampuan-kemampuan lain yang integral dengan berbagai misi bilateral.

“Taktik, teknik, dan prosedur yang kami tukarkan dengan Angkatan Udara Indonesia di Cope West membantu mempersiapkan kami untuk peristiwa kehidupan nyata di mana kami harus bekerja sama untuk mengamankan kepentingan bersama,” lanjut Coffey.

Cope West merupakan latihan rutin dan pertama kali dilakukan pada tahun 1989.

Tahun ini menandai kesembilan kalinya Cope West diselenggarakan di Indonesia dan peringatan 73 tahun hubungan diplomatik antara AS dan Indonesia.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *