Tiga KRI dari Koarmada II melakukan latihan khusus

Latihan Tiga Kapal Koarmada IIKoarmada II

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Di sela pelaksanaan tugas operasi pengamanan VVIP, tiga KRI unsur Satkor Koarmada II melaksanakan latihan Replenishment At Sea (RAS), Mailbag Transfer, dan VBSS.

Latihan di bawah pimpinan Danguspurla Koarmada II Laksamana Pertama TNI Denny Prasetyo pada Jumat lalu ini melibatkan KRI Gusti Ngurah Rai-332 (KRI GNR-332), KRI Frans Kaisiepo-368 (KRI FKO-368), dan KRI Sultan Hasanudin-336 (KRI SHN-336).

Latihan pertama dimulai dengan RAS, yaitu kegiatan pengiriman logistik dari kapal ke kapal, baik berupa air tawar maupun bahan bakar.

Dalam latihan kali ini, KRI GNR-332 sebagai kapal pemberi. Sementara KRI FKO-368  dan KRI SHN-366 bertindak sebagai kapal penerima.

Ketiga KRI melaksanakan station keeping dengan baik dilanjutkan proses breakaway.

Latihan kedua adalah Mailbag Transfer, yaitu kegiatan pengiriman barang dari kapal ke kapal, umumnya berupa surat penting atau suku cadang Kapal.

Dalam kegiatan Latihan, baik latihan sesama TNI AL atau latihan bersama Angkatan Laut negara sahabat, barang yang dikirim biasanya berupa merchandise atau souvenir sebagai kenang kenangan, kata Koarmada II dalam siarannya.

Dalam Latihan kali ini, KRI GNR sebagai kapal pemberi, sementara KRI FKO bertindak sebagai kapal penerima.

Langkah-langkah pelaksanakan seperti station keeping, approaching, dan line handling berhasil dilaksanakan dengan aman dan lancar.

Kemudian pada latihan VBSS, KRI GNR bertindak sebagai Kapal Niaga yang dicurigai melaksanakan pelanggaran hukum di wilayah laut NKRI.

Sementara KRI FKO bertindak sebagai Kapal perang RI yang sedang melaksanakan patroli dan mencurigai sebuah kapal niaga dan selanjutnya menurunkan tim VBSS untuk memeriksa.

Selanjutnya  KRI FKO mengirimkan satu tim pemeriksa yang terdiri dari 7 personel berangkat menggunakan satu buah Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB).

Pemeriksaan dilaksanakan di hanggar helikopter KRI GNR. Seluruh prosedur berhasil dilaksanakan dengan baik dan aman.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *