Belgia akuisisi sembilan Caesar NG 155 mm dari Perancis

CAESAR NGBelgian

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Belgia dan Prancis telah menandatangani kontrak senilai 62 juta Euro pada 13 Mei, untuk mengakuisisi sembilan SPH (self-propelled howitzer) Caesar NextGen (NG) buatan Nexter.

Kontrak ini juga mencakup juga sistem komunikasi dan informasi (CIS), peralatan dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengintegrasikan artileri howitzer ke dalam jaringan yang saling berhubungan.

Termasuk juga peralatan pendukung, dokumentasi, lalu materi pelatihan seperti pemrograman amunisi, perangkat keras independen tambahan, perangkat lunak untuk mengontrol peralatan tembak, dan lainnya.

Caesar NG merupakan varian yang ditingkatkan (upgrade) dari versi Caesar sebelumnya seperti yang digunakan oleh Indonesia (TNI AD).

Namun Caesar NG tetap menggunakan meriam kaliber 155 mm/52 yang sama, berjangkauan tembak hingga 40 km bila menggunakan amunisi standar.

Caesar NG menggunakan truk berpenggerak 6×6 dengan tampilan baru lebih modern yang diproduksi oleh Arquus.

Mengusung mesin diesel baru berdaya 460 hp, jauh lebih kuat dibandingkan mesin lama yang hanya berdaya 260 hp. Kendaraan juga mendapatkan transmisi otomatis baru.

Lapis baja kabin truk Caesar NG pun telah ditingkatkan untuk menawarkan perlindungan lebih baik terhadap tembakan senjata ringan, serpihan munisi artileri dan menghadapi ledakan IED (Improvised Explosive Devices) atau ranjau darat.

Peningkatan baru Caesar NG lainnya mencakup perangkat lunak kontrol penembakan baru, sistem komunikasi radio CONTACT serta sistem gangguan komunikasi BARAGE yang diproduksi oleh perusahaan Prancis, Thales.

Nexter sendiri mulai mengembangkan varian Caesar NG atas permintaan Angkatan Darat Prancis, yang kontraknya di tandatangani Februari 2022 lalu.

Produksi Caesar NG untuk tentara Belgia akan dilakukan secara paralel dengan pesanan tentara Prancis supaya menjaga interoperabilitas dan kerjasama dengan tentara Prancis dan Belgia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *