Pakistan sukses uji rudal balistik Shaheen lll, pesaing Agni lll dari India

Shaheen IIIISPR
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Di tengah kekacauan politik yang tengah melanda negaranya, Militer Pakistan berhasil menguji coba rudal balistik Shaheen lll pada 9 April 2022.

Shaheen lll merupakan rudal balistik permukaan ke permukaan yang mampu membawa hulu ledak nuklir dan konvensional dengan jangkauan hingga 2.750 km.

Tujuan dari tes tersebut adalah untuk menyempurnakan kembali desain sistem rudal dan parameter teknisnya.

Atas keberhasilan uji tersebut, Letnan Jenderal Nadeem Zaki Manj, Direktur Jenderal Divisi Perencanaan Strategis, memuji para insinyur dan menyatakan kepercayaan penuhnya pada kemampuan nuklir Pakistan.

Rudal balistik Shaheen III dikembangkan oleh Space & Upper Atmosphere Research Commission (SUPARCO) dan NESCOM. Rudal ini dibangun berdasarkan rudal Shaheen-II.

Pengembangannya dimulai secara rahasia pada awal 2000-an sebagai tanggapan atas keberhasilan peluncuran rudal balistik Agni-III buatan India yang menjadi musuh bebuyutannya.

Shaheen III yang tergolong sebagai rudal balistik jarak menengah ini menggunakan berbahan bakar padat dua tahap.

Uji coba peluncuran perdananya sukses dilakukan pada 9 Maret 2015. Selanjutnya pertama kali ditampilkan dihadapan publik saat mengikuti parade militer pada Maret 2016.

Shaheen lll yang berdimensi panjang 19 meter dan diameter 1,4 meter ini bisa diangkut menggunakan truk, sehingga dapat dikerahkan dan diluncurkan dari berbagai tempat.

Dengan jangkauannya yang mencapai 2.750 km, Shaheen lll dapat menyerang seluruh wilayah India dan dapat menjangkau jauh ke wilayah negara Timur Tengah juga Afrika utara.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *