PTDI serahkan Supplemental Type Certificate (STC) CN235-220M kepada TUDM

PTDI SERAHKAN STC CN235-220M KEPADA TUDMPTDI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Bertempat di pameran Defence Service Asia (DSA) 2022 di Kuala Lumpur, Malaysia, Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Gita Amperiawan menyerahkan Supplemental Type Certificate (STC) pesawat CN235-220 Military Transport milik Tentera Udara Diraja Malaysia pada Senin (28/3/2022).

STC diberikan langsung kepada Panglima Tentera Udara (PTU) TUDM General Dato Sri Mohd Asgjar Khan bin Goriman Khan.

Penyerahan STC tersebut berlokasi di booth Defend ID Paviliun Indonesia, yang turut disaksikan oleh Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Pothan) Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Mayjen TNI Dadang Handrayudha.

Pesawat yang semula berjenis transportasi serbaguna ini telah dikonversi menjadi CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA) oleh PTDI di bawah program Maritime Security Initiative (MSI).

Dari tiga unit pesawat CN235-220 Military Transport yang dikonversi menjadi Maritime Patrol Aircraft (MPA), PTDI telah menyelesaikan sebanyak satu unit di antaranya.

Sementara dua pesawat lainnya ditargetkan penyelesaian dan delivery-nya pada bulan April dan Mei 2022 mendatang.

Sistem misi instalasi pada CN235-220M milik TUDM tersebut telah berhasil memperoleh STC, yang merupakan hasil kerja sama antara Indonesian Defence Airworthiness Authority (IDAA) Kementerian Pertahanan RI dan Directorate General Technical Airworthiness (DGTA) Kementerian Pertahanan Malaysia.

“Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Panglima Tentera Udara dan TUDM, saya berharap dengan acara serah terima ini dapat menjadi dasar yang kuat bagi kerja sama PTDI, TUDM dan Kementerian Pertahanan Malaysia untuk saat ini dan di masa yang akan datang, serta dapat bermanfaat bagi semua pihak,” ujar Gita Amperiawan.

Di DSA 2022, PTDI tergabung dalam Defend ID Paviliun Indonesia bersama-sama dengan PT Len Industri (Persero), PT Pindad, PT PAL Indonesia dan PT Dahana.

Dalam kesempatan ini PTDI mempromosikan produk unggulannya, seperti pesawat angkut serbaguna CN235-220, NC212i, juga pesawat penumpang N219, maupun MRO.

Hal ini merupakan salah satu upaya PTDI dalam perluasan pasar, peningkatan penjualan, serta penjajakan terhadap potensi-potensi kontrak lainnya, baik untuk produk pesawat maupun jasa after sales.

-Rangga BS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *