Dash-8 ISR gantikan peran Dornier-288 di Penjaga Pantai Belanda

Dutch Coast Guard Dash-8 aircraftDutch MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Penjaga Pantai Belanda telah menerima satu dari dua pesawat baru Dash-8 (DHC-8) buatan De Havilland, Kanada pada 10 September 2022.

Pesawat akan menggantikan peran Dornier-288 yang saat ini masih beroperasi dan akan ditugaskan dengan misi patroli maritim.

Sebelum masuk ke layanannya pada Oktober mendatang, Dash-8 akan diuji terlebih dahulu dan personelnya dilatih.

Saat ini, pesawat Beechkraft King Air akan berfungsi sebagai pesawat cadangan.

Kementerian Pertahanan Belanda menyatakan, pesawat Dash-8 tiba sekitar enam bulan lebih lambat dari yang diperkirakan. Penundaan tersebut berkaitan dengan pandemic COVID-19.

Dash-8 menawarkan waktu penerbangan yang lebih lama. Demikian juga dengan radar permukaan yang memberikan gambaran singkat tentang transportasi, siang dan malam.

Pesawat dilengkapi dengan palka di bagian bawah badan pesawat, tempat kru dapat meluncurkan rakit penyelamat, penanda asap, dan pelampung data.

Pelampung data yang diluncurkan dari pesawat akan mengapung di laut dan melaporkan posisi air dan suhu udara. Informasi ini memberikan informasi lanjutan mengenai kemungkinan lokasi orang yang tenggelam.

Coast Guard Belanda menyewa Dash-8 dari ISR ​​Support Europe, sebuah konsorsium yang memasok pilot dan personel pemeliharaan.

Penjaga Pantai Belanda akan bertanggung jawab untuk mengoordinasikan pengerahan pesawat ini dari pangkalan Schiphol-East.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *