Rudal “Belati” akhirnya diturunkan dalam palagan Rusia-Ukraina

Rudal Kinzhal
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Senjata strategis baru Rusia Kh-47M2 Kinzhal (belati) akhirnya dilibatkan Militer Rusia dalam invasinya ke Ukraina.

Kinzhal merupakan rudal udara ke darat hipersonik yang memiliki kecepatan 10 Mach, dengan jangkauan diklaim lebih dari 2.000 km.

Airbus_contoh2

Rudal ini memiliki kemampuan melakukan manuver untuk mengelak di setiap tahap penerbangannya mengindari sistem rudal pertahanan udara lawan yang coba mencegatnya.

Kinzhal dapat membawa hulu ledak konvensional maupun nuklir.

Sebagai platform peluncurannya dari pembom strategis Tu-22M3 atau jet pencegat MiG-31K.

Rudal maut ini mulai beroperasi pada Desember 2017 dan merupakan salah satu dari enam senjata strategis baru Rusia yang diresmikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada 1 Maret 2018.

Berdasarkan sejarah operasionalnya, dilaporkan pada Mei 2018 sepuluh jet MiG-31K mulai berlatih dalam tugas tempur eksperimental mengusung Kinzhal.

Selanjutnya, pada Desember 2018 pesawat yang dipersenjatai dengan rudal Kinzhal telah melakukan 89 serangan mendadak di atas Laut Hitam dan Laut Kaspia.

Peluncuran pertama Kinzhal di wilayah Kutub Utara terjadi pada pertengahan November 2019 yang diberitakan oleh kantor berita TASS.

Disebutkan, peluncuran itu dilakukan oleh MiG- 31K dari pangkalan udara Olenya. Rudal itu sukses mengenai target darat di Pemboy proving ground.

Sementara uji perang pertama Kinzhal dalam palagan terjadi pada Juni 2021.

Saat itu sebuah rudal diluncurkan oleh MiG-31K dari Pangkalan Udara Khmeimim, Suriah menyasar sebuah target darat pemberontak.

Kemudian, selama operasi militer Rusia 2022 di Ukraina, Sang Belati dilaporkan digunakan untuk pertama kalinya dalam pertempuran antara negara pecahan Uni Soviet tersebut.

Militer Rusia mengatakan mereka menggunakan Kinzhal untuk menghancurkan gudang senjata bawah tanah angkatan bersenjata Ukraina di Deliatyn, Ivano-Frankovsk pada 18 Maret 2022.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *