Pesaing N219 Nurtanio, Cessna SkyCourier dapatkan sertifikasi FAA

Cessna SkyCourierTextron Aviation
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Textron Aviation mengumumkan pada 14 Maret 2022, bahwa Administrasi Penerbangan Federal (FAA) telah memberikan sertifikasi tipe untuk pesawat ringan serbaguna barunya Cessna 408 SkyCourier.

Pesawat pesaing terdekat PTDI N219 Nurtanio ini dirancang dan diproduksi oleh Textron Aviation Inc., bagian dari perusahaan Textron Inc. (NYSE: TXT).

Boeing_contoh2

Tiga prototipe SkyCourier digunakan untuk mengumpulkan lebih dari 2.100 jam selama program uji terbang yang secara resmi dimulai dengan penerbangan perdana pada Mei 2020.

Textron telah meluncurkan unit produksi pertama SkyCourier pada awal tahun ini di fasilitas manufaktur perusahaan di Wichita.

Pesawat versi produksi tersebut akan diserahkan kepada pelanggan peluncuran yakni FedEx Express. Sebanyak 50 unit SkyCourier versi kargo telah dipesan dan 50 opsional lainnya.

FedEx Express berpartisipasi dalam Dewan Penasihat Pelanggan Textron Aviation bersama dengan operator armada lainnya untuk membantu membentuk desain, fitur, dan kemudahan servis pesawat.

Mengenai SkyCourier, pesawat ringan serbaguna ini mengusung desain sayap tinggi dibekali dua mesin turboprop Pratt & Whitney PT6A-65SC dengan empat bilah baling-baling McCauley Propeller C779.

Versi kargo SkyCourier memiliki pintu besar samping dan kabin lantai datar. Dapat menampung hingga tiga kontainer pengiriman LD3 dengan muatan total 2.700 kg.

Selain versi kargo, Cessna juga menawarkan varian SkyCourier versi penumpang yang dapat mengangkut 19 orang, dilengkapi jendela yang besar.

SkyCourier dioperasikan dengan avionik Garmin G1000 NXi. Memiliki kecepatan jelajah maksimum lebih dari 370 km/jam dan jangkauan maksimum 1.400 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *