Segera diluncurkan, KCR ke-6 buatan PT PAL telah dipasang kanon 57mm Mk3

KCR 60 KRI Panah-626PT PAL

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – PT PAL Indonesia telah berhasil memasang kanon Bofors 57mm Mk3 pada Kapal Cepat Rudal (KCR) produksi ke-6 dengan nomor lambung 626.

Kapal KCR merupakan state of the art PT PAL Indonesia di mana keseluruhan proses rancang bangun kapal ini dilakukan oleh PT PAL Indonesia.

Kapal yang akan segera diluncurkan tersebut, kata PT PAL, dibangun secara lengkap baik platform hingga sistem sensor dan senjata.

Sebelumnya PT PAL Indonesia telah melakukan upacara peluncuran KCR ke-5 pada Desember 2021 lalu.

Proyek pembangunan kapal KCR 60 meter merupakan salah satu bukti kapabilitas PT PAL Indonesia dalam mewujudkan kemandirian industri pertahanan matra laut dalam negeri.

Tujuan dari pembangunan ini adalah untuk memperkuat serta memodernisasi kebutuhan alutsista di jajaran TNI Angkatan Laut.

Dalam foto yang diunggah, tampak Main Gun 57Mk3 dan KRI Panah-626.

KCR memiliki panjang keseluruhan 60 m dengan lebar 8,10 m dan tinggi 4,85 m serta mampu membawa muatan penuh 450-500 ton.

KCR ke-5 dilengkapi dengan sistem persenjataan yang mampu mendeteksi sasaran/target baik di udara, permukaan, dan bawah laut.

KCR 60 dilengkapi sistem persenjataan main gun 57 mm Bofors, shipborne gun 20 mm, dan SSM (Surface to Surface Missile) Exocet 40MM B3.

Kapal mampu melaksanakan patroli dengan jarak tempuh dan kecepatan jelajah mumpuni untuk menjaga laut territorial Indonesia yang luas pada kondisi Sea State 6 dan kemampuan pengoperasian senjata pada pengoperasian senjata pada Sea State 4.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *