Indonesia, satu-satunya tim aerobatik pesawat di Singapore Airshow 2022

Jupiter Aerobatic TeamREUTERS
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Indonesia melalui Jupiter Aerobatic Team (JAT) dari TNI Angkatan Udara, menjadi satu-satunya peserta aerobatik pesawat sayap tetap (fixed wing) di Singapore Airshow 2022 yang akan berlangsung pada 15-18 Februari.

Dari rilis mengenai peserta Flying Display Singapore Airshow 2022 yang telah dibagikan oleh panitia penyelenggara, ada delapan tipe pesawat dari tujuh institusi/perusahaan yang akan menampilkan aksi dinamiknya di udara.

Boeing_contoh2

Mereka adalah penampilan tunggal pesawat Hal Tejas dari Angkatan Udara India (IAF), penampilan tim JAT dari TNI AU, penampilan F-16C (solo) dan AH-64D (tim) dari tuan rumah Singapura (RSAF), terbang lintas B-52 Stratofortress dari USAF, penampian F-35B dari USMC, A350-1000 (Airbus), dan B777-9 dari Boeing.

Di tengah kasus pandemi COVID-19 varian Omicron yang masih tinggi di seluruh dunia, penyelenggaraan Singapore Airshow 2022 pun tak lepas terkena imbasnya.

Panitia telah membatasi jumlah pengunjung hanya untuk undangan, perwakilan delegasi, dan media saja.

Sementara masyarakat umum yang biasanya boleh datang, kali ini tidak diperkenankan karena public days pun ditiadakan.

Seluruh penampilan tim Flying Display akan disiarkan secara langsung oleh panitia penyelenggara secara virtual melalui media sosial Singapore Airshow 2022.

Daftar-Peserta-Flying-Display

Sementara itu, tim JAT atau The Jupiters telah dilepas keberangkatannya oleh Komandan Lanud Adisujtipto Marsma TNI M. Yani Amirullah pada Selasa, 8 Februari lalu.

Tim yang dipimpin Mission Commander Kolonel Pnb Feri Yunaldi ini JAT akan tampil di Singapore Airshow dengan 14 manuver Hi Show maupun Low Show.

Saat ini JAT sudah berada di Lanud Hang Nadim, Batam sebagai pangkalan aju mereka untuk tampil di Singapore Airshow 2022. The Jupiters akan terbang dari Batam untuk tampil di Singapura.

Adapun para punggawa JAT kali ini adalah Jupiter 1 Mayor Pnb Ripdho “Mohawk” Utomo, Jupiter 2 Mayor Pnb Gede Ngurah “Viper” SW, Jupiter 3 Mayor Pnb PS “Grackle” Anggoro, Jupiter 2 Kapten Pnb Bayu “Meerkat” Anugerah, Jupiter 5 Mayor Pnb Ferdian “Corbie” Habibi, dan Jupiter 6 Mayor Pnb Idham “godham” Satria.

JAT akan tampil menggunakan enam pesawat KT-1B Woong Bi buatan Korea Selatan.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *