Turki kembangkan mesin buatan dalam negeri untuk jet TF-X

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Turki sedang mencoba melakukan pengembangan mesin buatan dalam negeri yang akan digunakan oleh jet tempur siluman mereka TF-X.

TF-X sendiri saat ini masih dalam tahap pengembangan dan diharapkan dapat  terwujud pada 2030. Pesawat ini akan menjadi andalan Angkatan Udara Turki paling tidak hingga tahun 2070.

Akhir tahun lalu, Kepala Presidensi Industri Pertahanan (SSB) Ismail Demir telah meminta perusahaan-perusahaan lokal untuk mengajukan proposal penawaran bagi mesin yang akan digunakan pada jet tempur generasi kelima tersebut.

Ada tiga perusahaan besar yang diharapkan oleh Demir dapat mengikuti tender ini, yaitu TR Motor Power Systems (TR-M), Kale, dan TEI.

Untuk TR-M, perusahaan ini telah terlibat dalam studi pengembangan mesin TF-X Tahap I.

Demir berharap, perusahaan-perusahaan dalam negeri Turki dapat bekerja sama untuk mewujudkan mesin jenis turbofan yang dibutuhkan tersebut.

Ia mengatakan, Turki memiliki kemampuan dalam hal manufaktur tetapi tidak punya banyak insinyur atau desainer yang ahli dalam hal mesin.

Maka dari itu, kata Demir seperti dikutip Defence Turkey, perusahaan-perusahaan dihimbau untuk bekerja sama dan bukan melakukan pengembangan sendiri-sendiri demi mewujudkan proyek mesin nasional tersebut.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *