Serbia menerima pengiriman rudal antitank Kornet dari Rusia

Kornet missileVadim Savitsky

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Serbia dilaporkan telah menerima pengiriman sistem rudal antitank Kornet dari Rusia.

Surat kabar Serbia, Politika, melaporkan pada 24 Desember 2021, rudal-rudal itu dikirim ke lapangan terbang militer Beograd Batainitsa menggunakan pesawat angkut militer Il-76.

Dikatakan, rudal-rudal canggih itu secara signifikan akan meningkatkan kekuatan Angkatan Bersenjata Serbia.

Sebelumnya pada 2 Desember, Menteri Dalam Negeri Serbia Aleksandar Vulin telah bertemu dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu di Moskow. Dalam pembicaraan itu ditegaskan bahwa Serbia akan menerima pengiriman rudal dari Rusia.

Sistem rudal 9M113 Kornet (NATO: AT-14 Spriggan) merupakan rudal antitank berpemandu (ATGM) portabel modern buatan Rusia.

Rudal ini pertama kali masuk dalam layanan dinas militer Rusia tahun 1998.

Diakui Rusia, Kornet merupakan rudal antitank paling mumpuni.

Rusia juga mengembangkan varian dengan hulu ledak termobarik untuk digunakan melawan target lunak.

Untuk versi ekspor, Rusia juga membuat Kornet-EM yang ditingkatkan dari sisi hulu ledak dan jangkauannya.

Serbia merupakan negara yang banyak mendapat bantuan dari Rusia. Sebelum ini, Rusia telah menyerahkan 30 tank T-72MS dan 30 pengangkut personel lapis baja BRDM-2MS kepada Serbia.

Pada periode 2018 hingga Februari 2020, Moskow juga telah menyumbangkan empat helikopter Mi-35M, enam pesawat tempur MiG-29, 10 mobil pengintai lapis baja amfibi BRDM-2, tiga helikopter angkut Mi-17V-5, dan sistem senjata rudal pertahanan udara Pantsir-S1 kepada Beograd.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *