Sukhoi TNI AU sukses laksanakan uji fungsi flare

Su-30MK2Penlanud Hnd

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Lanud Sultan Hasanuddin sukses melakukan uji fungsi flare yang digunakan sebagai pengecoh rudal lawan dalam suatu pertempuran udara.

Pengujian dilaksanakan menggunakan pesawat tempur Sukhoi Su-30MK2 yang dioperasikan Skadron Udara 11, Wing Udara 5 pada 21 Desember 2021.

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI David Yohan Tamboto turut menyaksikan sejumlah flare yang dipasangkan pada bagian badan pesawat.

Ia mengatakan agar tetap mengutamakan keselamatan terbang dan kerja (Lambangja) dalam pengujian tersebut.

Dalam pelaksanaannya, pesawat yang diterbangkan oleh Komandan Skadron Udara 11 Letkol Pnb Bambang Baskoro Adi dan Mayor Pnb M. Idris Kurniawan sukses melepas sejumlah 30 flare dengan disaksikan para pejabat Lanud Sultan Hasanuddin serta tim dari Mabesau.

Kesuksesan uji fungsi juga dipastikan oleh Mayor Pnb Satria Tikwana dan Mayor Pnb Andry Libarsyah saat melaksanakan observasi udara menggunakan jenis penempur yang sama di sebelah pesawat uji.

“Secara visual, seluruh flare yang dipasangkan di pesawat tempur Sukhoi Su-27/30 berhasil dilepaskan dan berfungsi sempurna,” ujar Danlanud Sultan Hasanuddin seperti diberitakan TNI AU.

-RNS-

One Reply to “Sukhoi TNI AU sukses laksanakan uji fungsi flare”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *