Pastikan keselamatan awak, ranpur Anoa-2 6X6 jalani uji ledak ranjau

Anoa Pindad

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – PT Pindad (Persero) melakukan uji ledak ranjau terhadap kendaraan tempur (ranpur) Anoa-2 6X6 pada Rabu, 8 Desember 2021.

Uji ledak dilaksanakan di Lapangan Tembak Pussenarmed, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Kegiatan penelitian ini, kata Pindad, dilaksanakan dalam rangka pengujian dan sertifikasi struktur tahan ledak ranpur Anoa-2 6X6 yang dibiayai oleh LPDP RI.

“Alhamdulillah kita selesaikan semuanya dan ini tentunya menjadi bagian yang bisa kita jadikan sebuah model dan riset di perguruan tinggi yang bisa langsung kita implementasikan dan secara komersial diproduksi oleh industri dan digunakan oleh user,” kata Sigit P. Santosa, Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad (Persero).

Tujuan pengujian ini, kata Sigit, adalah melakukan peledakan ranjau/TNT yang ditempatkan di bawah lambung kendaraan mengacu pada standar STANAG 4569-AEP-55 volume 2 Level 3B (TNT 8 Kg).

Anoa

Hal itu untuk memastikan bahwa kemampuan bertahan terhadap keselamatan penumpang berada pada tingkat perlindungan yang disyaratkan sesuai standar dan mendapatkan sertifikasi kelaikan darat.

Poetra M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *