Lewati pengujian selama 700 jam, helikopter Ka-62 raih sertifikasi

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Setelah melewati pengujian sebanyak 434 kali penerbangan dengan durasi selama 700 jam, helikopter sipil Ka-62 buatan Russian Helicopters (bagian dari Rostec) berhasil mendapatkan sertifikasi tipe dari Badan Transportasi Udara Federal Rusia (Rosaviatsiya) pada 30 November 2021.

Dokumen tersebut menjadi syarat bagi helikopter tersebut untuk masuk ke penjualan di pasar Rusia.

Program uji terbang heli Ka-62 dimulai pada 2017 menggunakan tiga prototipe.

Selama tes penerbangan, spesialis Pusat Helikopter Nasional Mil & Kamov menilai pengoperasian heli ini secara menyeluruh termasuk memeriksa fungsi sistem utama catu daya, peralatan on-board, hingga unit mesin.

Rostec dalam rilisnya mengatakan, berhasil mendapatkan sertifikat tipe untuk Ka-62 merupakan tonggak penting bagi industri helikopter Rusia.

Saat ini, pesawat komersial pertama Ka-62 telah dirakit di Progress Arsenyev Aviation Company di Timur Jauh.

Mulai tahun depan, lanjut Rostec, pihaknya berencana untuk meluncurkan produksi komersial skala penuh heli Ka-62 dan memasoknya ke operator Rusia.

Pada 2022-2024 Rostec akan meningkatkan kemampuan helikopter lebih lanjut melalui sertifikasi peralatan opsional – sling beban eksternal, hoist onboard, modul medis, sistem anti-icing.

Ka-62 adalah helikopter serba guna yang dirancang menggunakan praktik terbaik dunia dalam industri pesawat terbang, yang memenuhi persyaratan kelaikan udara Rusia dan internasional, serta standar keandalan dan keselamatan untuk penerbangan kargo dan penumpang.

Helikopter ini memiliki konfigurasi rotor tunggal dengan rotor ekor berbilah ganda yang disalurkan.

Desain Ka-62 banyak menggunakan komposit polimer (hingga 60% berat), yang memungkinkan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah, kecepatan yang lebih tinggi dan kapasitas beban dari helikopter.

Ka-62 juga dilengkapi dengan avionik modern – sistem kontrol peralatan helikopter umum yang canggih memungkinkan beban yang lebih rendah pada awak, bobot yang lebih rendah, dan perawatan yang disederhanakan.

Ka-62 dapat menempuh jarak 700 km serta memiliki kecepatan maksimum 310 km/jam.

Heli berkapasitas 15 penumpang ini memiliki berat lepas landas maksimum (MTOW) 6.800 kg.

Ka-62 dapat membawa 2 ton kargo di dalam kabin atau 2,5 ton beban eksternal.

Poetra M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *