Dari lawas menjadi modern, MiG-31BM dilengkapi teknologi fly-by-wire

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jet tempur pencegat MiG-31 mendapat peningkatan dengan penambahan teknologi fly-by-wire ke level MiG-31BM. Rusia telah melakukannya sejak 14 tahun lalu.

Dalam program pemutakhiran tersebut, sejumlah sistem kontrol mekanis diubah ke sistem kontrol kawat dengen penambahan sejumlah komputer di pesawat.

Hal itu dikatakan manajer perusahaan penerbangan Sokol kepada Wakil Menteri Pertahanan Alexei Krivoruchko selama kunjungannya ke fasilitas produksi tersebut pada hari Kamis (25/11).

Diberitakan TASS, kunjungan kerja Krivoruchko ke Nizhny Novgorod di daerah Volga adalah untuk memeriksa kapasitas produksi perusahaan dan memeriksa kecepatan perbaikan serta peningkatan pesawat tempur MiG-31.

Selain itu, untuk memastikan tercapainya pemenuhan rencana pengadaan pertahanan.

Krivoruchko menyatakan, program peningkatan MiG-31 ke level MiG-31BM telah berlangsung lama, yaitu sejak 2007.

Dalam proses ini, peralatan onboard di pesawat diganti sepenuhnya. Pesawat juga menjalani pergantian komponen yang mencapai 15-50% termasuk bagian-bagian yang mengalami korosi.

Semua kabel dan potongan karet diganti sepenuhnya. Demikian juga dengan kanopi pesawat diganti dengan yang baru.

Setelah menjalani peningkatan ini, disebutkan kalau efisiensi MiG-31 meningkat tiga kali lipat dibanding versi sebelumnya.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *