EINSA tampilkan rantis NETON 4X4 di FEINDEF 2021

NETON 4X4EINSA

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pada FEINDEF 2021, pameran pertahanan di Spanyol, perusahaan lokal berbasis di Madrid, EINSA mempersembahkan kendaraan taktis ringan baru NETON 4X4.

Rantis ‘tanpa busana’ berangka pipa tubular ini telah beroperasi dengan Unit Pasukan Khusus Angkatan Bersenjata Spanyol.

Diketahui, tahun lalu Komando Dukungan Angkatan Darat (MALE) dan EINSA menandatangani perjanjian untuk memasok 24 NETON senilai 4,8 juta euro.

Rantis ini didasarkan pada sasis kendaraan sipil Toyota Hilux, namun memiliki mesin dan transmisi baru.

Bagian sasis juga telah dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan misi Pasukan Khusus dalam hal durabilitas dan mobilitasnya.

Pada rangka atap tersedia cincin untuk dudukan senapan mesin kaliber 7,62 mm dan bagian kanan depan tersedia dudukan senjata senapan mesin kaliber 5,56 mm.

Khusus bagian pengemudi (sebelah kiri) tersedia perisai plus jendela kaca anti peluru yang dapat direbahkan ke depan.

Rantis berbobot 2.300 kg ini dapat dengan mudah diangkut via udara menggunakan pesawat angkut seperti Airbus C295 atau helikopter Boeing CH-47.

NETON dapat membawa empat prajurit bersenjata plus muatan maksimum 1.078 kg yang dapat disimpan pada rak di samping kiri-kanan kap mesin dan bagasi belakang.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *