Kerahkan drone, Dispotdirga bantu cegah penyebaran COVID-19

Drone sprayingTony Hartawan/Tempo

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dinas Potensi Dirgantara (Dispotdirga) TNI AU membantu upaya pemerintah mencegah penyebaran wabah virus corona baru (COVID-19) melalui pengerahan komunitas drone PB FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan dari udara.

Kegiatan drone spraying di wilayah DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya telah dilaksanakan dalam beberapa minggu terakhir.

Pada Selasa, 31 Maret 2020, kegiatan kembali dilaksanakan dengan melibatkan komunitas drone. Antara lain berasal dari komunitas Nusa Indonesia Drone Team, Handal Selaras Drone Team, Federasi Drone Indonesia, Micro Multi Copter Team, dan Famindo Drone Team.

Komunitas-komunitas drone tersebut menjadi bagian dari Satgas Drone FASI.

“Wilayah-wilayah yang disemprot disinfektan dari udara hari ini meliputi kelurahan Cempaka Putih, Kantor BNPB, Kelurahan Dukuh, Harapan Indah, Rawalumbu, Pusat Industri Pulogadung, Rahunsun, Pasar Minggu, Stadion Bekasi, Posko Pam Monas, Wahid Hasyim, Jatijajar, dan Tomang,” kata Pabandya II Spotdirga Kolonel Pnb Agung Sasongkojati kepada Airspace Review.

drone spraying
Tony Hartawan/Tempo

Ditambahkan, penerbangan drone untuk penyemprotan disinfektan dari udara dilakukan sesuai aturan keselamatan terbang dan berada di bawah pengendalian serta pengawasan Lanud Halim Perdanakusuma dan Airnav Indonesia.

Penerbangan drone di ruang udara ibu kota harus memiliki izin terbang dan koordinasi dengan pengendali ATC serta Lanud Halim demi keselamatan terbang dan keamanan ruang udara, khususnya di masa darurat ini.

Remote Pilot Drone FASI di bawah pembinaan Dispotdirga TNI AU siap mendukung pemerintah, instansi, serta masyarakat dalam operasi drone spray melawan COVID-19 demi pulihnya kehidupan masyarakat Indonesia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *