Dua kapal perang TNI AL berhadapan dengan kapal perang Australia

RAN HMAS Anzac F-150Koarmada II

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dua kapal perang TNI Angkatan Laut, yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan KRI Malahayati-362 dikerahkan ke Laut Jawa pada Minggu (31/11).

Kedua kapal dari unsur Satuan Kapal Eskorta Koarmada II itu bertolak dari Dermaga Madura untuk mengikuti latihan bersama “New Horizon 2021”.

Di Laut Jawa kedua kapal akan berhadapan dengan kapal perang HMAS Anzac F-150 milik Royal Australian Navy (RAN) dalam tahapan Sea Phase atau Manuver Lapangan.

Tahapan ini merupakan puncak dari latihan rutin dua tahunan yang dilaksanakan oleh TNI AL dengan RAN .

New Horizon 2021 dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 31 Oktober hingga 3 November 2021. Selain di Laut Jawa, latihan juga dilaksanakan di Laut Bali.

Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji sebagai Dansatgas New Horizon 2021 memegang kendali jalannya latihan.

Selain mengerahkan dua kapalnya, Koarmada II dalam siaran persnya mengatakan, TNI AL juga mengerahkan helikopter AS-565 Mbe Phanter. Sementara RAN mengerahkan heli MH-60R Seahawk.

Helikopter-AS-565-Mbe-Panther-TNI-AL
Koarmada II

Sejumlah materi latihan akan dilaksanakan dalam New Horizon 2021. Antara lain Latihan MISCEX 833, manuver kapal dengan berbagai formasi, Helo Deck Landing Practice, latihan penembakan Gunex 603 menggunakan meriam 76 mm, latihan Syntex 531, dan latihan peperangan antikapal permukaan.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *