Dua Tu-160 ‘dikepung’ F-16, F/A-18, dan Gripen di atas Laut Baltik

Tu-160 BlackjackRussian MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dua pembom strategis supersonik Rusia, Tu-160 (NATO: Blackjack) melaksanakan penerbangan jarak jauh yang terencana di wilayah udara di atas perairan netral Laut Baltik.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, kedua pesawat dikawal dalam penerbangannya tersebut oleh Su-35S dan Su-27.

Dikatakan lebih lanjut, pengawalan pembom Tu-160 disediakan oleh Angkatan Udara dan Asosiasi Pertahanan Udara Distrik Militer Barat dan Penerbangan Angkatan Laut Armada Baltik.

Pada tahap penerbangan tertentu dari rute yang telah ditetapkan, ujar Kemhan Rusia, kedua Tu-160 mendapat pemantauan oleh pesawat F-16 dari Angkatan Udara Italia dan Angkatan Udara Denmark.

Kemudian ada juga pesawat tempur F/A-18 dari Angkatan Udara Finlandia dan Gripen dari Angkatan Udara Swedia serta pesawat dari negara lainnya.

Penerbangan Tu-160 dapat dilaksanakan sesuai rencana, walaupun di tengah jalan mendapat ‘kepungan’ dari armada jet tempur asing.

 “Awak pesawat jarak jauh Rusia secara teratur melakukan penerbangan di atas perairan netral Kutub Utara, Atlantik Utara, Laut Hitam dan Baltik, dan Pasifik,” ujar Kemhan Rusia dalam pernyataan hari Selasa.

Ditambahkan, pesawat-pesawat militer Rusia melakukan semua penerbangan secara ketat sesuai dengan aturan internasional menggunakan wilayah udara.

Intersepsi maupun pengawalan oleh pesawat asing terhadap suatu pesawat yang terbang mendekati wilayah negara lain merupakan hal lazim.

Sebab, setiap negara akan menjaga wilayah kedaulatan udara negaranya dari berbagai potensi ancaman.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *