Listva, monster lapis baja penjinak ranjau jarak jauh buatan Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Monster darat buatan Rusia yang satu ini, Listva, berkemampuan melindungi iring-iringan sistem rudal balistik dari ranjau musuh.

Listva pertama kali diperlihatkan kepada publik di Forum Army-2018 dan kemudian tampil dalam Parade Hari Kemenangan pada 9 Mei 2020.

Meski demikian pengembangan Listva ini sebenarnya sudah cukup lama dengan uji coba desain pertama dilakukan pada 2013.

Listva yang memiliki arti “dedaunan” dibuat oleh Krasnodar Instrument Plant Kaskad, anak perusahaan Ruselectronics (bagian dari Rostec).

Kendaraan ini dirancang dan dikembangkan khusus untuk Pasukan Rudal Strategis Rusia.

Saat ini Listva jadi pengawal rudal balistik antarbenua Topol maupun RS-24 Yars saat akan direlokasi ke suatu wilayah.

Sebanyak 300 unit Listva direncanakan akan dibeli Kementerian Pertahanan Rusia untuk melengkapi Pasukan Rudal Strategis.

“Militer membutuhkan kendaraan penjinak ranjau untuk melindungi sistem rudal yang mahal ketika bergerak ke suatu wilayah yang tidak dikenal,” kata Dmitry Safonov, analis militer kepada Russia Beyond beberapa waktu lalu.

Dari situ, lanjutnya, insinyur rusia menciptakan mobil lapis baja yang dapat melihat semua benda logam pada jarak seratus meter di depan.

Listva dapat melumpuhkan beragam alat peledak bahkan dari jarak 100 meter. Kendaraan ini bergerak dalam kecepatan rata-rata pengintaian 15 km/jam hingga kecepatan laju maksimum 60 km/jam.

Prinsip kerjanya, Listva akan menembakkan gelombang elektromagnetik ke komponen elektronik di dalam alat peledak dari jarak jauh.

Dengan cara itu benda (ranjau) yang menjadi targetnya akan terbakar.

Akibatnya, ranjau itu pun meledak atau menjadi lumpuh tidak dapat digunakan, karena semua sirkuit mikronya rusak.

Basisnya, Listva merupakan kendaraan pengangkut pasukan (APC) lapis baja ringan.

Tubuhnya dibalut lapisan baja yang mampu menahan serangan langsung senjata AK dan pecahan granat.

Kendaraan penjinak ranjau yang dibuat oleh Krasnodar Instrument Plant Kaskad, anak perusahaan Ruselectronics (bagian dari Rostec) ini memiliki tiga kompartemen tempur.

Listva-mengawal-Pasukan-Rudal-Strategis-Rusia
Twitter

Yang pertama, kompartemen untuk komandan dan pengemudi. Kedua, untuk operator radio yang mencari ranjau dan memindainya.

Dan yang ketiga kompartemen untuk tim penjinak ranjau jika ranjau harus dilumpuhkan secara manual.

Sebagian besar ruang kompartemen Listva berisi peralatan elektronik. Demikian juga di bagian atap dan di depan lambung lapis baja.

Terdapat 16 sensor yang dipasang di bagian eksternal untuk menemukan objek pada jarak seratus meter dan mentransmisikan informasi secara waktu nyata ke operator di panel kontrol.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *