Kapal penyapu ranjau HMS Bangor laksanakan misi dua tahun di Teluk

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kapal penyapu ranjau milik Angkatan Laut Kerajaan Inggris, HMS Bangor (M109), telah meninggalkan Faslane di Skotlandia pada 26 Juli untuk melaksanakan misi dua tahun di Teluk.

Royal Navy mengatakan, kapal kelas Sandown ini akan menempuh perjalanan lebih dari 6.000 mil untuk mencapai tempat patroli masa depannya.

“Dia akan menghabiskan waktunya bersama HMS Middleton yang juga menuju Teluk setelah meninggalkan Portsmouth pada hari Senin,” bunyi sebuah pernyataan.

Ditambahkan, ini adalah tahun ke-15 Angkatan Laut Kerajaan mempertahankan kehadiran perburuan ranjau terus-menerus bekerja dengan sekutu dan mitra di kawasan Teluk.

Hal ini untuk menjaga jalur laut tetap terbuka sekaligus mengasah keterampilan perang ranjau dan secara umum mempromosikan perdamaian dan stabilitas.

Komandan HMS Bangor Lieutenant Commander (Mayor) Rob Couzens mengatakan, sebelum melaksanakan misi ke Teluk, kapal menjalani pemeliharaan yang sangat mendalam.

Selain itu, para kru juga melakukan pelatihan operasional laut untuk menguji kapal dan awaknya secara ekstrem.

Salah satu tantangan lain yang dihadapi para kru, adalah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

HMS Bangor mulai bertugas di RN sejak 1999. Kapal ini dirancang dapat berburu ranjau hingga kedalaman 200 m menggunakan Sonar 2093 Variable Depth Sonar (VDS).

HMS BangorHMS Bangor

Artinya, kapal dapat melakukan operasi pembersihan ranjau di seluruh landas kontinen.

HMS Bangor diawaki oleh 34 kru. Kapal dengan panjang 52,5 m dan berbobot 600 ton ini dilengkapi dengan radar Type 1007 I-Band dan Sonar Type 2093.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *