Angkatan Darat Australia terima heli AW139 kedua

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pada 19 Juli 2021, helikopter AW139 kedua buatan Leonardo, Italia dengan registrasi VH-YBG telah diserahkan ke Resimen Penerbangan ke-5 (AVN ke-5) di Garbut Barracks/RAAF Base Townsville.

Menyusul sebelumnya heli pertama AW139 berregistrasi VH-YBF yang telah dikirimkan pada 30 Aprili 2021 lalu.

Heli AW139 ini adalah bagian program ‘Plan Corella’ yang diluncurkan oleh Angkatan Darat Australia pada Oktober 2020.

Dalam program tersebut Australia meminta industri terkait menyediakan Kemampuan Helikopter Interim Angkatan Darat (AIHC) untuk melengkapi heli MRH90 dari Resimen Penerbangan ke-5.

Kedua AW139 ini akan mempertahankan registrasi sipil bawaannya dan bercorak putih tetapi dengan tambahan logo Kanguru dan tulisan ARMY. AW139 ini disewa/dimiliki oleh Toll Group di Melbourne.

Melansir Scramble Magazine, AIHC akan menyediakan sejumlah jam terbang per tahun untuk periode awal selama dua tahun.

AW139 akan membantu mempertahankan hasil pelatihan awak dan berperan melakukan tugas transportasi non-operasional karena kekurangan jam terbang armada MRH90 yang telah ditentukan.

Angkatan Darat Australia mengalami masalah dalam integrasi helikopter MRH90 baru terkait dengan beberapa kesenjangan dalam pengelolaan program.

Pada 24 Juni 2021, seluruh MRH90 Australia dihentikan sementara karena kurangnya perawatan dan harus menunggu suku cadang yang harus dikirim dari Eropa ke Australia.

AW139 Australian ArmyLeonardo

Menyebabkan harus menunda pensiunnya S-70A Black Hawk mereka pada akhir tahun 2021, sambil menunggu MRH90 aktif kembali.

Program MRH90

Tahun 2005, Australia memesan 12 helikopter baru untuk menggantikan armada tua UH-1 Iroquois milik Angkatan Darat.

Selanjutnya pada Juni 2006, Angkatan Pertahanan Australia (ADF) mengumumkan rencana untuk mengganti helikopter UH-60 Black Hawk dan Westland Sea King sekaligus.

NH90 lainnya kembali dipesan, total 46 unit.

Dengan rincian empat diproduksi di Eropa, dan 42 diproduksi secara lokal oleh Australian Aerospace (anak perusahaan Airbus Helicopters) di Brisbane.

Helikopter NH-90 Australia ini diberi nama khusus sebagai MRH90 Taipan (MRH = Multi Role Helicopter). Enam di antaranya dioperasikan oleh Angkatan Laut Australia.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *