Amerika Serikat serahkan dua MH-60R pertama ke Angkatan Laut India

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dua minggu lalu, tepatnya pada 16 Juli 2021, dua unit pertama Sikorsky MH-60R Seahawk pesanan Angkatan Laut India diserahterimakan pada upacara yang dilakukan di Naval Air Station North Island, California, AS.

Kedua helikopter tersebut diterima oleh Duta Besar India untuk Amerika Serikat Taranjit Singh Sandhu dan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut India Wakil Laksamana Ravneet Singh.

Mengutip Scramble Magazine, dua MH-60R Seahawk dari Helicopter Maritime Strike Squadron (HSM) 41 Seahawks berpartisipasi dalam terbang formasi selama upacara.

Ini menandakan bahwa Fleet Replacement Squadron (FRS) ini akan mengurus pelatihan kru Angkatan Laut India di AS.

Mengenai pengadaan ini, Angkatan Laut India pada November 2018 mengeluarkan Surat Permintaan (LoR) kepada pemerintah AS untuk mengakuisisi 24 heli antikapal selam MH-60R.

Pada 2 April 2019, Departemen Luar Negeri AS membuat keputusan menyetujui kemungkinan Penjualan Militer Asing (FMS) MH-60R ke India.

Mengenai silsilahnya, SH-60 atau MH-60 Seahawk ini dikembangkan Sikorsky berdasarkan keluarga heli S-70 atau UH-60 sebutan untuk milik Angkatan Darat AS.

MH-60 diperuntukkan bagi Angkatan Laut AS. Karena beroperasi dari atas kapal, modifikasi paling signifikan adalah rotor utama model lipat dan ekor tekuk samping untuk mengurangi jejaknya di atas kapal.

Heli berawak 3-4 orang ini dibekali dua mesin turboshaft General Electric T700-GE-401C, masing-masing berdaya 1.410 kW.

Kecepatan maksimumnya 270 km/jam, ketinggian terbang hingga 3.700 m, dan berjangkauan operasi 830 km.

Sebagai heli antikapal selam (ASW), MH-60R dipersenjatai dua torpedo dengan pilihan jenis Mk-46, Mk-50, atau Mk-54.

Untuk mendukung operasi serbuan amfibi, MH-60R dapat menggotong empat rudal AGM-114 Hellfire.

Dari dalam kabinnya tersedia juga senapan mesin M60, M240, senapan multi laras GAU-16/A atau versi GAU-17/A Minigun.

Keluarga helikopter Seahawk ini cukup laris, digunakan di 15 negara termasuk AS. Lebih dari 900 unit dibangun oleh Sikorsky.

Di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik, Seahawk digunakan oleh tetangga kita yakni oleh AU Singapura sebanyak delapan unit dan AL Kerajaan Thailand juga delapan unit.

Sementara tetangga Indonesia yakni Australia memborong 24 M-60R yang dioperasikan oleh AL negeri Kangguru tersebut.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *