F-15E selamat dari potensi bahaya berkat info dari spotter

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebuah jet tempur F-15E Strike Eagle milik Wing Tempur ke-48 Angkatan Udara AS (USAF) yang berpangkalan di RAF Base Lakenheath, Inggris telah selamat dari potensi kecelakaan berkat informasi yang diberikan oleh seorang spotter.

Spotter bernama Ian Simpson itu menginformasikan adanya kejanggalan di bagian nozzle F-15E yang diamatinya sejak pesawat tersebut lepas landas.

Sebagai orang yang menggemari pesawat, Simpson melihat ada sesuatu yang tidak beres saat nozzle sebelah kanan F-15E terus menerus mengeluarkan percikan api.

Sedangkan pilot, tampaknya tidak mengetahui adanya kejanggalan tersebut.

Menurut Simpson, percikan api tidak akan keluar terus menerus dari nozzle walau pesawat sedang menggunakan mode afterburner.

Pada kejadian tanggal 13 Juli itu, Simpson pun langsung mencari nomor telepon Pangkalan Lakenheath yang berada di wilayah Suffolk itu.

Akhirnya, ia pun terhubung dengan bagian pengatur operasi lapangan Wing Tempur ke-48.

Kepada petugas, Simpson menerangkan apa yang dilihatnya. Tindakan cepat pun langsung dilakukan oleh pihak pangkalan dengan menghubungi pilot di pesawat.

Menurut pemberitaan BBC, informasi dari Simpson itu telah menyelamatkan nyawa pilot dan juga menghindarkan kecelakaan pesawat.

F-15E_LakenheathIan Simpson

Singkat kata, pilot pun langsung mengambil tindakan pencegahan kecelakaan penerbangan berkat informasi yang disampaikan Simpson. Pilot kemudian berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat.

Pilot yang menerbangkan F-15E itu adalah Mayor Grant Thompson dari Skadron Tempur ke-492, Wing Tempur ke-48.

Seminggu kemudian pada 20 Juli, RAF Lakenheath di laman media sosialnya menulis, Grant menemui Thompson dan mengucapakan terima kasih secara pribadi kepada Simpson.

Ian Simpson and Grant ThompsonRAF Lakenheath

Dalam pertemuan di luar pagar landasan itu, Thompson memberikan hadiah menarik kepada Simpson. Yaitu berupa topi dan emblem.

Salah satu emblem yang diberikan, terlihat dalam tayangan video, langsung dicopot dari pakaian terbang sang pilot.

Yaitu patch Wing Tempur ke-48 bergambar Patung Liberty yang biasa dipakai di lengan baju kiri bagian atas.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *