Untuk mengawasi China, AS akan kembangkan drone bersama India

MQ-9General Atomics
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kepentingan yang sama dalam menghadapi China, telah mendorong Amerika Serikat untuk mengembangkan drone bersama-sama dengan India.

Pejabat senior Pentagon mengatakan pada hari Kamis bahwa Washington sedang mencari hubungan yang lebih dekat dengan Delhi sebagai cara untuk melawan China.

Boeing_contoh2

Dalam kaitan pengembangan drone, India akan membangun kendaraan udara tak berawak ini dan berencana mengekspornya ke negara lain, tulis NDTV.

“Dan kami ingin mendukung India di kedua bidang dan melakukannya,” kata Eli Ratner, Asisten Menteri Pertahanan AS untuk Urusan Keamanan Indo-Pasifik.

“Secara praktis, itu berarti bahwa kami akan bekerja sama dengan India dalam memproduksi dan mengembangkan kemampuan bersama yang akan mendukung tujuan modernisasi pertahanan India sendiri,” ujar dia.

Dikatakan bahwa hasil dari kerja sama ini nantinya India dapat mengekspor produk tersebut ke mitra AS di seluruh kawasan, termasuk Asia Selatan dan Tenggara dan dengan harga yang terjangkau.

Ratner mengutip kemungkinan mengembangkan drone yang diluncurkan dari pesawat terbang dan sistem pertahanan antidrone.

Dia juga mengatakan bahwa Pentagon sedang mempertimbangkan peluang untuk bersama-sama memproduksi kemampuan utama. Namun ia tidak merinci apa yang dimaksud.

Hubungan antara Amerika Serikat dan India bermasalah selama bertahun-tahun, tetapi kewaspadaan bersama mereka terhadap China yang agresif membawa kedua negara menjdi dekat.

Khususnya ketika AS di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump.

Trump mengunjungi India dan berpelukan erat dengan Perdana Menteri India Narendra Modi.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *