Presiden Putin lihat jet tempur baru Sukhoi Checkmate di MAKS-2021

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin melihat jet tempur baru Shukhoi Checkmate yang diluncurkan oleh United Aircraft Corporation (UAC), bagian dari Rostec State Corporation, usai membuka pameran udara MAKS-2021 di Lapangan Terbang Zhukovsky, luar kota Moskow pada Selasa, 20 Juli.

MAKS-2021 diselenggarakan selama enam hari pada 20-25 Juli 2021.

Sukhoi Checkmate dalam seminggu terakhir ini menarik perhatian para pecinta kedirgantaraan dan kemiliteran karena Rusia secara mengejutkan tiba-tiba meluncurkan jet tempur ringan yang baru.

“Ini adalah (pesawat) bermesin tunggal, yang saya tahu, dan presiden akan melihatnya,” ujar Juru Bicara Kepresidenan Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan sebelum Putin melihat pesawat tersebut.

Vladimir Putin and Sukhoi Checkmate_MAKS-2021YouTube/СЕГОДНЯ

Sukhoi Checkmate ditempatkan di sebuah ruangan yang ditata sedemikian rupa dengan latar belakang layar besar untuk menampilkan cuplikan video mengenai jet tempur generasi kelima ini.

Dilihat dari video yang telah muncul di akun YouTube СЕГОДНЯ, tampak terlihat ukuran Checkmate dapat dikatakan tidak kecil juga.

Perbandingan orang-orang yang berada di dekat Checkmate, cukup memberikan gambaran seberapa besar pesawat tersebut.

Checkmate disinyalir dibuat oleh Rusia untuk mengisi pasar ekspor jet tempur mesin tunggal generasi kelima.

Putin and CheckmateYouTube/СЕГОДНЯ

Sejauh ini, pasar tersebut baru diisi oleh jet tempur F-35 Lightning II buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat.

Itu pun, tidak semua negara dapat memiliki F-35 karena Washington punya pertimbangan-pertimbangan politis ke negara mana F-35 dapat diekspor.

AS senantiasa memastikan keamanan dari kerahasiaan teknologi F-35 dan oleh karenanya jet siluman ini  tidak sembarang diekspor ke negara lain.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *