Pesaing N219 bermotor listrik akan diborong 100 unit

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – United Airlines Ventures (UAV) pada 13 Juli 2021 mengumumkan bahwa mereka, bersama dengan Breakthrough Energy Ventures (BEV) dan Mesa Airlines, telah berinvestasi dalam perusahaan start-up asal Swedia, Heart Aerospace.

UAV sedang membangun portofolio perusahaan yang berfokus pada konsep keberlanjutan yang inovatif dan menciptakan teknologi dan produk yang diperlukan untuk membangun maskapai penerbangan yang netral karbon dan mencapai tujuan bersih emisi gas rumah kaca.

UAV dan BEV adalah salah satu investor utama di Heart Aerospace dalam pengembangan pesawat regional jarak dekat (hingga 400 km) berpenumpang 19 orang dinamai ES-19 yang ditargetkan tersedia pada 2026.

Dengan memanfaatkan empat motor listrik sebagai pengganti mesin jet, dan baterai sebagai pengganti bahan bakar jet, pesawat ES-19 Heart akan memiliki emisi operasional nol.

Armada ES-19 akan dioperasikan oleh mitra strategis UAV yakni Mesa Airlines, maskapai penerbangan regional Amerika Serikat yang berbasis di Phoenix, Arizona.

Pesawat ES-19 akan digunakan untuk melayani penerbangan regional jarak dekat antar kota besar di Amerika Serikat. Dapat melayani lebih dari 100 rute regional hub maskapai.

Siaran pers United Airlines menyatakan contoh rute sebagai Chicago-O’Hare (IL) ke Purdue-University Airport (IN) dan San Francisco (CA) ke Modesto City (CA).

ES-19United Airlines

UAV juga telah berkomitmen ke depannya akan menambah 100 pesawat ES-19 lagi dan mengatakan maskapainya akan mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 100 persen pada 2050.

Rangga Baswara Sawiyya

One Reply to “Pesaing N219 bermotor listrik akan diborong 100 unit”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *