325 tahun AL Rusia, Su-33 hingga MiG-31 akan berparade di udara

su-33Wikimedia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat tempur berbasis di kapal induk MiG-29K dan Su-33 akan ikut ambil bagian dalam parade penerbangan Angkatan Laut Rusia di St. Petersburg dan Kronstadt.

Parade penerbangan juga akan melibatkan pesawat pencegat MiG-31.

Parade akan dilaksanakan untuk peringatan 325 tahun Angkatan Laut Rusia pada 25 Juli mendatang.

Selain itu masih ada pesawat antikapal selam Il-38 dan Tu-142, serta helikopter Ka-27 dan Mi-8 yang akan ikut memeriahkan parade penerbangan.

Kementerian Pertahanan Federasi Rusia mengatakan, Armada Utara Rusia akan mengerahkan paling sedikit 20 pesawat dan helikopter.

MiG-29K dan Su-33 versi kapal induk menggunakan sayap lipat, dilengkapi kait, roda pendarat yang diperkuat, serta peningkatan lainnya dari varian berbasis di darat.

Pesawat-pesawat tersebut beroperasi di kapal induk satu-satunya milik Angkatan Laut Rusia saat itu, yaitu kapal induk penjelajah berat Admiral Kuznetsov.

Kapal induk Admiral Kuznetsov saat ini sedang menjalani modernisasi mencakup sistem kontrol lepas landas dan pendaratan baru, dek penerbangan, sistem pertahanan udara modern, catu daya, dan mesin.

Dijadwalkan, Admiral Kuznetsov baru beroperasi lagi tahun 2023 mendatang.

Mig-31K dengan rudal KinzhalTASS

MiG-31K dengan rudal Kh-47M2 Kinzhal berkecepatan Mach 10.

Parade memperingati 325 tahun Angkatan Laut Rusia di St. Petersburg juga akan menampilkan sailing past 20 kapal perang.

Secara serentak, peringatan juga akan dilaksanakan di Baltiysk, Vladivostok, Kaspiysk, Severomorsk, Sevastopol, dan Tartus.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *