Dua Taruna Laut AAL mengikuti Induction Day Ceremony di US Naval Academy

Dua Kadet asal Indonesia memulai pendidikan di USNAAtal RI di Washington

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dua Taruna Laut dari Akademi Angkatan Udara (AAL) telah selesai mengikuti Induction Day Ceremony di US Naval Academy (USNA), Annapolis, Maryland, Amerika Serikat pada 30 Juni 2021.

Keduanya adalah Kopral Taruna (Elektro) Juandito Cahyo Nugroho dan Kopral Taruna (Marinir) Febiarta Suryana yang akan mengikuti pendidikan di AS selama empat tahun hingga 2025.

Upacara dihadiri oleh Atase Laut (Atal) RI di Washington DC Kolonel Marinir Irdyansyah Ayuba. Demikian dilaporkan Atase Pertahanan (Athan) RI di Washington DC kepada Danjen Akademi TNI Marsdya TNI Andyawan M.P.

Kedua Taruna asal Indonesia bersama dengan 59 orang Taruna Internasional lainnya, pada saat pengambilan Sumpah Plebe (USNA Cadet tahun pertama) dilaksanakan secara terpisah dengan Plebe asal Amerika Serikat.

Setelah selesai upacara pengambilan sumpah, para Plebe diberi kesempatan bertemu keluarga masing-masing.

Pada kesempatan itu, Atal dan istri meminjamkan telepon seluarnya kepada kedua Plebe asal Indonesia untuk bisa berkomunikasi secara video call dengan keluarga mereka di Tanah Air.

Dalam temu keluarga secara virtual tersebut, terdapat beberapa Kadet Senior asal Arab Saudi dan Mongolia yang sempat berbincang dengan Plebe asal Indonesia.

Ada seorang Senior Cadet (USNA Cadet tahun keempat) menghampiri mereka dan memperkenalkan diri dengan nama Marpaung menggunakan Bahasa Indonesia yang terbatas.

Dari hasil perbincangan, kadet tersebut adalah keturunan Indonesia (Bapak asal Batak, Ibu asal Jakarta) namun sudah menjadi warga negara AS.

Kadet Asal Indonesia di USNAAtal RI di Washington

Senior Cadet Maraung dulunya enlisted USMC kemudian masuk USNA dan akan lulus tahun 2022, menjadi USMC Officer.

Dengan adanya beberapa Kadet Senior keturunan Indonesia dan Kadet Senior Internasional yang sempat berbincang menggunakan bahasa Indonesia membuat menambah dorongan moril bagi Kadet Juandito dan Febiarta.

Kedua kadet asal Indonesia tersebut juga memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, sehingga diyakini dapat mengikuti pendidikan dengan baik di USNA.

Kadet Febiarta dan JuanditoAtal Ri di Washington

Hal yang sama juga disampaikan oleh Internasional Program Officer dan Company Officer yang membawahi dan menangani langsung Kadet Internasional. Mereka akan membantu Plebe asal Indonesia dan akan mengkomunikasikan dengan Atal dalam setiap perkembangan situasi di USNA.

Saat ini kedua Plebe asal Indonesia tersebut sedang melaksanakan kegiatan Summer Plebe hingga Agustus 2021.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *