AD Filipina akan terima jembatan taktis bergerak DBS dari WFEL Inggris

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Darat Filipina (PA) telah membeli sejumlah peralatan mekanis Dry Support Bridges (DSB) dari produsen bridging systems terkemuka asal Inggris, WFEL.

WFEL menyebutkan, jembatan militer taktis ini diorder di bawah fase Horizon 2 dari Program Modernisasi Angkatan Bersenjata Filipina (AFP).

Mengutip MaxDefense Filipina, keputusan untuk memperoleh jembatan taktis bergerak ini setelah pengalaman Pertempuran Kota Marawi melawan teroris. Saat itu terasa, kurangnya jembatan bergerak memperlambat gerak pasukan keamanan Filipina.

Kendaraan DSB pesanan Filipina menggunakan platform truk kelas berat Rheinmetall MAN Military Vehicles (RMMV) berpenggerak 10X10.

Untuk mengoperasikannya hanya dibutuhkan delapan awak tentara. Diperlukan waktu kurang dari 90 menit untuk membentangkan jembatan di atas celah selebar 46 meter.

WFEL DSB memiliki klasifikasi beban militer 120 ton. Hal ini memungkinkan untuk mendukung pergerakan kendaraan militer berat termasuk tank tempur utama dan peralatan teknik lainnya di atasnya.

Jembatan bergerak WFEL DSB digunakan untuk misi penempatan pada jalur suplai utama di belakang area pertempuran langsung.

Sedangkan misi sekundernya untuk mendukung dan menjaga momentum serangan ketika pasukan menemukan rintangan air dan celah kering yang melebihi kemampuan aset penghubung penyerangan.

Sistem DSB pada dasarnya digunakan sebagai infrastruktur penghubung sementara untuk mendukung operasi militer. DSB juga dapat digunakan untuk operasi bantuan bencana alam.

jembatan bergerak dari WFELWFEL

Sampai saat ini, hampir 200 sistem penghubung DSB telah dipasok oleh WFEL ke angkatan bersenjata di seluruh dunia. Di antara penggunanya adalah Angkatan Darat AS, Swiss, Australia, dan Turki.

WFEL DSB telah mendapatkan cap battle proven berulang kali. Antara lain dalam palagan di Irak dan Afghanistan.

DSB baru pesanan AD Filipina akan diproduksi di fasilitas produksi WFEL di Stockport, Inggris, dan akan dikirimkan pada 2023 mendatang.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *