Lebih dari 10, Rusia akan bangun lagi kapal selam nuklir kelas Borei-A

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia akan membangun lagi kapal selam nuklir kelas Borei sehingga jumlahnya lebih dari 10 seperti rencana semua.

Kapal selam rudal balistik strategis tambahan ini akan dibangun setelah sepuluh kapal selam pertama (Project 955 dan Project 955A) berhasil diselesaikan.

Saat ini kapal selam kesembilan dan kesepuluh dari kelas Borei-A telah dipesan. Kelas Borei-A merupakan peningkatan dari kelas Borei.

Anggota Komisi Industri-militer Federasi Rusia Vladimir Pospelov seperti diberitakan Sputnik (17/5/2021) mengatakan, proyek kapal selam kelas Borei-A memiliki propek yang baik.

Meski demikian, Pospelov tidak mengungkapkan berapa jumlah pasti kapal selam bertenaga nuklir kelas Borei-A tambahan yang akan dibangun oleh Rusia.

Angkatan Laut Rusia menerima kapal selam pertama kelas Borei-A (Proyek 955A) yaitu Knyaz Vladimir pada Juni 2020.

Sementara kapal selam kelas Borei pertama, yaitu Yury Dolgorukiy (K-535) telah diterima oleh Armada Utara Rusia pada Januari 2013.

Setelah Yury Dolgorukiy kapal selam kelas Borei yang diterima berikutnya adalah Alexander Nevsky (K-550) pada Desember 2013.

Setelah itu menyusul Vladimir Monomakh (K-551) pada Desember 2014.

Knyaz Vladimir (K-549) merupakan Project 955A pertama. Setelah ini akan menyusul Knyaz Oleg yang kini masih menjalani uji laut.

Berikutnya adalah Generalissimus Suvorov (masih dalam pembuatan), Imperator Alexandr III (masih dalam pembuatan), Knyaz Pozharskiy (masih dalam pembuatan), serta Dmitry Donskoy dan Knyaz Potyómkin yang telah dipesan.

Kapal selam Knyaz Potyómkin akan diterima pada 2027.

Zaky Voronezh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *