Kapal selam nuklir China mampu hancurkan sasaran di benua Amerika

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kapal selam bertenaga nuklir China yang baru diresmikan bergabung dengan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN), yaitu Type 094A Changzheng 18, memiliki kemampuan untuk menghancurkan sasaran dari jarak jauh.

Kapal selam itu dilengkapi rudal balistik dengan jarak jangkau terhadap target mencapai 6.200 mil (10.000 km).

Dengan kemampuan tersebut, saat ini Type 094A merupakan kapal selam terkuat yang dimiliki oleh China.

Mengutip pemberitaan South China Morning Post, Type 094A merupakan penyempurnaan dari kapal sebelumnya yaitu Type 094 (Jin-class).

Kapal versi terbaru ini memiliki tingkat kebisingan yang lebih rendah.

Type 094A mampu membawa 16 rudal JL-3. Rudal ini dikatakan mampu menjangkau seluruh target di benua Amerika.

Seorang ahli militer China menyebut, rudal balistik antarbenua JL-3 disiapkan China untuk membalas kemungkinan serangan nuklir yang dilakukan oleh AS.

Pada kapal selam versi sebelumnya, Type 094, rudal yang dapat dibawa adalah JL-2 dengan jangkauan hanya sampai ke timur laut Amerika Serikat.

Type 094A

Kapal selam Type 094A diresmikan penggunaannya pada 23 April 2021 lalu oleh Presiden China Xi Jinping bersamaan dengan perayaan HUT PLAN ke-72.

Zaky Voronezh

One Reply to “Kapal selam nuklir China mampu hancurkan sasaran di benua Amerika”

  1. Jangan lupa pula kapal selam Amerika hampir semunya memiliki kapabilitas buat meluncurkan rudal nuklir ke semau titik di daratan Cina. Jumlah hulu ledak yg jumlahnya ribuan jauh di atas cina, bisa bikin negara itu hilang dari peta bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *