Turki akan mengekspor 12 pesawat latih/serang darat Hürkuş-C ke suatu negara

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Turki akan segera mengekspor 12 unit pesawt latih/serang darat Hürkuş-C ke suatu negara. Nama negara pembeli belum disebutkan sambil menunggu proses kontrak ditandatangani.

Hürkuş-C dibuat oleh Turkish Aerospace Industries (TAI) untuk mendukung program pelatihan pilot tempur. Dengan pesawat ini para pilot juga dapat melakasanakan dukungan tembakan dari udara.

Manajer Umum TAI Temel Kotil mengatakan, Keluarga pesawat Hürkuş dirancang oleh TAI untuk mendukung berbagai misi dalam program pelatihan negara.

“Selain melatih pilot, Hürkuş-C dengan biaya rendah dan presisi tinggi dikembangkan untuk digunakan dalam misi serangan ringan dan pengintaian bersenjata,” ujarnya seperti dikutip dari Daily Sabah.

Varian serangan ringan dan pengintaian bersenjata Hürkuş-C menawarkan solusi biaya rendah dan fleksibel untuk melawan ancaman asimetris seperti terjadi di banyak medan perang saat ini.

Hürkuş-C dilengkapi tujuh gantungan muatan dengan kapasitas 1.500 kg. Gantungan ini dapat digunakan untuk membawa beragam muatan termasuk persenjataan.

Sejumlah persenjataan udara ke darat dapat dibawa oleh Hürkuş-C seperti rudal antitank jarak jauh Umtaş buatan Roketsan, rudal Cirit berpemandu laser, bom luncur KGK-SIHA-82 yang dikembangkan oleh SAGE di bawah Dewan Riset Ilmiah dan Teknologi Turki (TÜBITAK), MK-82, dan sebagainya..

Pesawat dapat pula membawa dua sistem meriam kaliber 12,7 mm dan 20 mm serta roket 2,75 inci serta bom latih.

Perusahaan mengatakan, Hürkuş-C dapat dioperasikan pada siang maupun malam hari.

Poetra M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *