Helikopter Ansat angkut kargo hingga satu ton dengan sling eksternal

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Helikopter Ansat buatan Russian Helicopters (bagian dari Rostec) dapat melakukan pengangkutan muatan hingga seberat 1 ton menggunakan sling eksternal.

Muatan yang dibawa kali ini berupa kantong air untuk operasi pemadaman api.

Pengangkutan kantong air ini menunjukkan bahwa Russian Helicopters telah membuat varian kelima helikopter Ansat yaitu dengan konfigurasi untuk pemadaman api maupun tugas-tugas lainnya.

Selama pengujian di fasilitas Kazan Helicopters itu, heli Ansat naik ke ketinggian 3,7 km sambil membawa 600 kg kargo eksternal.

Heli mencapai kecepatan 180 km/jam dalam konfigurasi pengangkutan tersebut.

Sementara bobot maksimum heli untuk varian ini telah ditingkatkan dari 3.600 kg menjadi 3.800 kg.

“Penggunaan sling eksternal memperluas jangkauan penggunaan helikopter, termasuk kemungkinan menggunakan Ansat untuk operasi pemadam kebakaran. Dalam waktu dekat, kami juga berharap dapat meningkatkan jangkauan penerbangan helikopter sejauh 160 km sehingga menjadi 565 km,” tulis Rostec dalam siaran pers yang diterima Airspace Review.

Sebelum ini, Kazan Helicopters telah menerima persetujuan dari Badan Transportasi Udara Federal (Rosaviatsiya) untuk memasang mesin derek onboard di Ansat.

Opsi baru secara signifikan memperluas fungsionalitas helikopter, memungkinkannya mengangkat dan menurunkan orang dan kargo dengan aman hingga 272 kg.

Ditambahkan, penggunaan winch meningkatkan efisiensi helikopter dalam operasi pencarian dan penyelamatan. Sistem ini  juga memungkinkan operasi bongkar muat sambil helikopter melayang.

Ansat merupakan helikopter ringan multiperan bermesin ganda. Heli seri ini diproduksi di Kazan Helicopters.

Heli Ansat dapat memuat tujuh orang. Heli ini desainnya dapat diubah dengan cepat konfigurasinya dari versi penumpang ke versi kargo.

Pada Mei 2015, Ansat mendapatkan sertifikasi untuk modul medis.

Heli Ansat telah disertifikasi untuk penggunaan pada suhu berkisar antara -45 ° С dan + 50 ° С. Heli ini juga dapat digunakan di wilayah pegunungan tinggi.

Poetra M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *