Pesawat kepresidenan terbaru Rusia Il-96-300 terbang perdana

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat kepresidenan terbaru Rusia, Ilyushin Il-96-300, melaksanakan penerbangan perdananya pada 9 April 2021.

Walau tidak berkaitan, angka sembilan dipilih oleh Rusia untuk penerbangan tersebut. Sama halnya di Korea Selatan yang menggunakan angka sembilan untuk peluncuran jet tempur KF-21.

Pesawat kepresiden Rusia bermesin jet empat Aviadvigatel PS-90 ini, adalah Il-96-300 yang telah menjalani modifikasi terbaru secara khusus untuk kepentingan penerbangan orang nomor satu di Negeri Beruang.

Modifikasi pesawat untuk penerbangan Presiden Vladimir Putin ini dilaksanakan di pabrik Ilyushin di Voronezh (VASO).

Setelah melaksanakan penerbangan perdananya, pesawat dengan registrasi RA-96024 ini masih akan menjalani serangkaian uji coba sebelum digunakan untuk layanan penerbangan Presiden Federasi Rusia.

“Selama penerbangan di ketinggian 5.000 hingga 9.000 meter, stabilitas, pengendalian pesawat, pengoperasian semua sistem dan mesinnya diverifikasi,” kata United Aircraft Corporation (UAC) yang menaungi Ilyushin dalam siaran persnya.

Penerbangan uji perdana itu berlangsung kurang lebih dua jam dan berjalan dengan sukses.

UAC menyebut, avionik pesawat telah dimodernisasi untuk memenuhi standar Eropa dan internasional.

“Secara khusus, pesawat ini dilengkapi dengan sistem navigasi dan penerbangan yang dimodernisasi,” jelas UAC.

Rancangan 1980-an

Ilyushin Il-96 sebenarnya bukan pesawat baru. Basis pesawat ini dirancang pada pertengahan 1980-an dan terbang pertama kali pada 1988.

Pada 1996, Ilyushin meluncurkan varian Il-96-300PU yang kemudian digunakan menjadi pesawat utama untuk transportasi Presiden Federasi Rusia.

Pesawat tersebut kemudian menjalani modernisasi menjadi Il-96-300PUM1.

Layaknya pesawat kepresidenan yang biasa disebut sebagai “Air Force One” pesawat dilengkapi sistem komunikasi yang canggih dan penanggulangan antirudal.

Pesawat ini nantinya akan dioperasikan oleh Detasemen Penerbangan Khusus Rossiya Airlines.

Institusi tersebut bertanggung jawab atas pengoperasian armada VIP Rusia yang membawa pejabat negara, termasuk Presiden Vladimir Putin saat ini.

Kepresidenan Federasi Rusia memiliki sejumlah pesawat Il-96-300 untuk penerbangan presiden.

Sebelum menggunakan Il-96-300, Kepresidenan Federasi Rusia pernah menggunakan pesawat Il-62, Tu-154, dan Yak-40.

Rhandy F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *